Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Tampil Menjadi Pembina Upacara Senin di MTsN 3 Mataram, Hj. Muslihun Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas – Bertindak sebagai Pembina upacara di MTsN 3 Mataram adalah Ibu Hj. Muslihun salah satu guru IPA dan sekaligus menjadi wali kelas IX 2, ia mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Hal tersebut disampaikannya dalam upacara bendera Senin pagi (22/1/2024).

“Lingkungan adalah salah satu tempat kita atau tempat kita makhluk hidup berada setiap hari, baik itu di lingkungan madrasah maupun di lingkungan rumah,” kata Muslihun. “Oleh sebab itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan supaya kita tidak terhindar dari berbagai penyakit.”, ujarnya

Muslihun mengatakan bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah berbagai macam penyakit, terutama pada saat musim hujan seperti ini. “Sering kita dapatkan penyakit seperti pilek, batuk, dan demam berdarah,” bebernya.

Muslihun menegaskan bahwa kebersihan madrasah bukan tanggung jawab OB saja, tetapi semua warga madrasah, baik itu guru, karyawan, maupun siswa. “Tempat yang bersih kita bisa nyaman, aman, untuk belajar,” katanya. “Kita juga sebagai guru untuk proses belajar mengajar semakin semangat dengan lingkungan yang bersih.”

Muslihun menjelaskan beberapa cara untuk menjaga kebersihan madrasah. Pertama, dengan cara tidak membuang sampah pada tempatnya. “Kalau kita perhatikan di lingkungan madrasah kita ini, di depan madrasah kita ini sudah disediakan tempat sampah,” kata Muslihun. “Sampah itu ada dua macam, sampah organik dan sampah anorganik dan itu harus dibuang pada tempatnya jangan dibuang sembarangan.”

Kedua, melaksanakan piket di dalam kelas. “Kebersihan di dalam kelas adalah tanggung jawab siswa-siswi di kelas,” kata Muslihun. “Tetapi karena ada piket yang melaksanakan setiap hari, dia itu membersihkan ruangannya secara bergantian.”

Ketiga, menyiram toilet setelah digunakan. “Setiap kali kalian mengeluarkan sisa dari metabolisme atau sisa dari pencernaan, kita menjaga kebersihannya supaya tidak kotor,” kata Muslihun. “Toilet itu dekat dengan kantin, kalian itu masuk lewat toilet untuk belanja perlu diperhatikan kebersihannya.”

Baca Juga  Siswa MTsN 3 Mataram Terima Sosialisasi Tentang Jalan oleh Balai Pengembangan Jalan PUPR NTB

Keempat, bergotong-royong membersihkan madrasah setiap pekan. “Lingkungan yang bersih, sekolah yang bersih, tamu-tamu akan datang akan nyaman akan puas,” kata Muslihun. “Apalagi kalau kita sudah mendapatkan juara satu nasional sekolah sehat atau PJAS Aman.”

Muslihun berharap semua warga madrasah dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan madrasah. “Mari kita jaga kebersihan madrasah kita,” katanya. “Agar kita semua bisa sehat dan nyaman belajar.” Pesannya.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar