Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Sinergi Kemenag NTB dan Kota Mataram Selenggarakan Upacara HAB Ke-78 Kemenag RI

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas – Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersinergi bersama Kemenag Kota Mataram menggelar upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 dipusatkan di lapangan Sangkareang Kota Mataram pada Rabu (3/1/2024).

Upacara ini dihadiri oleh seluruh ASN lingkup Kanwil Kemenag NTB, ASN lingkup Kemenag Kota Mataram, Kepala madrasah sekota Mataram, guru-guru sekota Mataram dan seluruh siswa-siswa dari MTsN dan MAN sekota Mataram.

Turut hadir Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Kapolda NTB, Kakanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz berserta jajarannya, Kemenag Kota Mataram Jaelani berserta jajarannya dan tamu undangan lainnya.

Hadir pula Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si sekaligus bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, ia membacakan sambutan Menteri Agama pada peringatan HAB Ke-78.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Yaqut menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat, karunia, dan anugerah-Nya kepada Kementerian Agama. Ia juga mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama.

Menteri Agama juga menyampaikan bahwa tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Salah satu tugas beratnya adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, Kementerian Agama juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

Melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, Kementerian Agama terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada mereka. Hasilnya sudah mulai terlihat. Moderasi Beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi Digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan. KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi. Cyber University sudah on the track. Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Kembali Menerima Kunjungan BBPOM Pekanbaru Untuk Belajar Implementasi Sekolah dengan PJAS Aman

Menteri Agama mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang diusung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa Kementerian Agama harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

Menteri Agama juga meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas, terutama identitas keagamaan.

Pada akhir amanatnya, Menteri Agama mengucapkan selamat memperingati HAB ke-78 Kementerian Agama. Ia berharap Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik.

Mengakhiri acara dilakukan penyerahan dan penyematan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 23 orang pegawai lingkup Kementerian Agama Kota Mataram secara langsung oleh Pj. Gubernur bersama Kakanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz, Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dan beberapa pejabat lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukur atas peringatan HAB Ke-78 Kementerian Agama RI Tahun 2024.

Ditulis oleh :
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar