Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Sebanyak 107 siswa Kelas IX MTsN 3 Mataram Mengikuti Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Tahun 2024

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas- Sebanyak 107 siswa Kelas IX MTsN 3 Mataram mengikuti Asesmen Bakat dan Minat (ABM) selama 6 hari sejak tanggal 19 hingga 24 Februari 2024. Pada setiap sesi, ABM diikuti oleh 20 orang siswa dengan durasi kira-kira 2 jam untuk setiap sesinya. ABM merupakan alat evaluasi yang dirancang untuk membantu siswa dalam memahami minat dan potensi mereka dalam berbagai bidang.

Dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki bahwa Asesmen Bakat dan Minat (ABM) merupakan sebuah program yang melibatkan berbagai tes, pertanyaan, dan kegiatan yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengidentifikasi bidang minat mereka, kekuatan yang dimiliki, dan bakat alami yang mereka miliki.

“Dengan tes verbal, numerik, logika, spaial, dan lainnya, melalui ABM ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif terkait dengan kemampuan dan minat dari setiap siswa”, ungkapnya saat dihubungi melalui telpon seluler.

Ia menuturkan saat mengikuti ABM, siswa diajak untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dirancang secara khusus untuk mengungkapkan potensi mereka dalam bidang-bidang tertentu. Tes numerik menguji kemampuan siswa dalam mengolah angka dan hitungan, sedangkan tes verbal mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami dan menginterpretasikan kata-kata.

“Sementara tes logika membantu siswa dalam mengembangkan pola pikir analitis dan kritis, sedangkan tes spasial bertujuan untuk mengukur kemampuan visual dan ruang siswa dalam memecahkan masalah yang melibatkan dimensi dan bentuk”, beber Marzuki.

Dengan mengikuti ABM, Marzuki berharap agar siswa dapat menemukan potensi terbaik yang dimiliki dan dapat berperan aktif dalam memilih bidang studi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Melalui program ini, siswa juga diberikan kesempatan untuk lebih memahami diri mereka sendiri serta mengembangkan kepercayaan diri dalam mengejar impian dan cita-cita mereka.

Sesi-sesi ABM yang diikuti selama enam hari di MTsN 3 Mataram memberikan pengalaman yang berharga bagi setiap siswa dalam mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Sejumlah pertanyaan dan tes yang diikuti dalam setiap sesi memberikan gambaran yang jelas bagi siswa tentang kemampuan dan minat mereka.

Marzuki menegaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam ABM juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan baru yang mungkin belum mereka sadari sebelumnya.

Baca Juga  Penilaian Kinerja Kepala Madrasah 1 Tahunan Kepala MTsN 3 Mataram Peroleh "Amat Baik"

“Dengan demikian, ABM tidak hanya berguna dalam membantu siswa dalam memilih jalur studi yang tepat, tetapi juga meningkatkan keterampilan dan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa”, pungkasnya.

Diharapkan, melalui program ABM ini, siswa Kelas IX MTsN 3 Mataram dapat menemukan arah yang tepat dalam mengejar impian mereka dan dapat mengembangkan bakat serta potensi yang mereka miliki. Sehingga, mereka dapat menjadi pribadi yang sukses dan berkontribusi positif dalam masyarakat dan bangsa.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar