Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah 1 Tahunan Kepala MTsN 3 Mataram Peroleh “Amat Baik”

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan
PKKM 1 Tahunan MTsN 3 Mataram

Mataram_Humas – Pada Jumat (17/11/2023), Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd menjalani Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 1 Tahunan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pokjawas Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, yang dipimpin oleh Rusnan, M.Ag bersama pengawas pembina Hj. Siti Rubianingsih, SE.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 1 tahunan ini merupakan bagian integral dari upaya peningkatan mutu pendidikan di tingkat madrasah yang dilakukan oleh Kepala Madrasah.

H. Marzuki, selaku Kepala MTsN 3 Mataram, dengan penuh semangat menyambut kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap kemajuan pendidikan di lingkungan madrasahnya. Dengan antusia Ia menyambut kehadiran tim penilai.

“Selamat datang kami ucapkan kepada tim Penilai PKKM di MTsN 3 Mataram, kami telah melakukan berbagai persiapan untuk menjalankan kegiatan ini, mudah-mudahan apa yang telah kami persiapkan bisa dinilai secara keseluruhan dari pengembangan madrasah, menajerial, wirausaha hingga supervisi”, ungkap  Marzuki.

Ia mengaku nyakin dengan segala persiapan yang telah dilakukan semua dokumen yang dibutuhkan untuk tiap-tiap bidang yang minta untuk PKKM tersebut telah lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan dan dinilai oleh tim dengan harapan mendapat hasil yang terbaik.

Rusnan, M.Ag, selaku ketua tim penilai, menyatakan bahwa tujuan dari PKKM ini adalah untuk memastikan bahwa kepala madrasah memiliki kompetensi dan kapabilitas yang memadai dalam mengelola dan meningkatkan mutu pendidikan di madrasahnya.

“Kegiatan ini bukan semata-mata untuk mencari kekurangan kepala madrasah dan bukan hanya menjadi ajang evaluasi rutin, tetapi juga merupakan wadah bagi kepala madrasah untuk memperoleh umpan balik konstruktif dari tim penilai”, jelas Rusnan.

Lebih lanjut Ia menegaskan bahwa penilaian ini bukan hanya tentang mengukur kinerja, tetapi juga memberikan dukungan dan bimbingan untuk perbaikan serta pengembangan kebijakan yang lebih baik di madrasah.

Baca Juga  Osim MTsN 3 Mataram Gelar Aneka Lomba Antar Kelas Sambut Hari Santri

“Penilaian ini tidak hanya sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai sarana untuk memberikan masukan konstruktif guna perbaikan dan pengembangan madrasah ke depannya. Kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, madrasah dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi tenaga pendidik, kependidikan dan peserta didiknya”, pungkas Rusnan

Dari pantauan pewarta proses PKKM 1 Tahunan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis serta telaah dokumen-dokumen terkait kinerja madrasah mulai dari pengembangan madrasah, menajerial, wirausaha hingga supervisi yang ditunjukkan oleh tim masing-masing bagian. Proses penilaian tampak lancar dan cepat hanya memakan waktu sekitar 1 jam karna bukti dokumen-dokumen secara lengkap disajikan dan disiapkan.

Usai kegiatan proses penilian oleh tim penilai diumumkan rekap perolehan nilai PKKM yakni bidang usaha pengembangan madrasah mendapat rata-rata nilai 97.00, pelaksanaan manajerial 97.02, pengembangan kewirausahaan 97.22 dan supervisi kepada Tendik dengan nilai rata-rata 96.59.

Maka didapatkan perolehan Predikat Penilaian Kinerja Tahunan bagi Kepala Madrasah adalah Amat Baik dengan rata-rata nilai 96.96. Kemudian dilakukan serah terima hasil penilaian PKKM 1 Tahunan oleh Pengawas Pembina Hj. Siti Rubianingsih kepada Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki dan kegiatan diiringi dengan sesi poto bersama dengan tim penilai berserta panitia PKKM.

Selaku ketua Pokjawas sekaligus penilai Rusnan, M.Ag, mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dedikasi dan komitmen Kepala Madrasah H. Marzuki bersama tenaga tendiknya dalam mengelola MTsN 3 Mataram. “Kami melihat bahwa kepala madrasah ini telah mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menerapkan berbagai inovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasahnya,” katanya.

H. Marzuki turut mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada tim penilai atas apresiasi dan predikat nilai yang diberikan. “mudah-mudahan dengan predikat ini menjadi motivasi kami untuk terus berkarya, berinovasi dalam mengembangkan dan memajukan madrasah, terima kasih juga kami sampaikan kepada guru-guru, tenaga TU dan tim PKKM yang telah bekerja semoga semuanya menjadi amal ibadah” ungkapnya.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Literasi Membaca untuk Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Diwartakan oleh:

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar