Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Guru-Guru MTsN 3 Mataram Mengikuti Bimtek Pelaporan SPT Tahunan

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas – Sejumlah guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Mataram mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pengisian dan pelaporan SPT tahunan di DJP online. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian dan pembiasaan guru-guru dalam melakukan pelaporan pajak tahunan.

Dalam bimtek ini menghadirkan kembali sebagai narasumber adalah Ruslan Wahid selaku Waka Humas MTsN 3 Mataram. Guru seni budaya ini memberikan tutorial langsung cara melakukan pengisian dan pelaporan SPT tahunan secara detail.

Guru-guru yang mengikuti bimtek ikut serta melakukan praktik langsung dengan menggunakan perangkat laptop maupun melalui HP Android yang dimiliki.

Secara bertahap, langkah demi langkah diajarkan mulai dari login menggunakan NPWP atau NIK, kemudian dilanjutkan dengan pengisian data-data yang diminta pada formulir DJP berdasarkan SPT tahunan yang diterima dari bendahara gaji.

“Untuk melakukan login di akun DJP Online ada 2 cara, bisa menggunakan NIK atau tetap menggunakan NPWP”, kata Ruslan.

Adapun dalam praktik pelaporan SPT tahunan ini sebut Ruslan, ada 2 jenis juga dilihat dari berapa jumlah penghasilan dalam satu tahun.

“Untuk yang memiliki penghasilan 60 juta ke atas dan penghasilan di bawah 60 juta, bedanya kalau diatas 60 juta agak banyak data yang diisi, sementara yang dibawahnya sangat simpel sederhana dan hanya butuh 2 ataun3 langkah selesai”, jelasnya.

Tampak guru-guru penuh antusias dan semangat mengikuti kegiatan, diantara mereka saling diskusi dan saling bantu sama lain untuk mengatasi bila mana ada kendala yang ditemukan saat pengisian SPT tahunan.

Ditempat terpisah Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, menyambut antusiasme guru-guru yang mengikuti bimtek ini. Ia menyatakan, “Diskusi semacam ini sangat bermanfaat, dapat saling tukar pengetahuan dan berbagi pengalaman satu sama lain, tentu kami sangat mengapresiasi kepada guru-guru yang mengikuti bimtek.

Baca Juga  Menag Yaqut: Relawan Moderasi Harus Rela dan Berada di Tengah-tengah

“Semoga dengan bimtek ini para ASN maupun PPPK mahir dalam melakukan pelaporan SPT tahunan secara mandiri yang dilakukan pada tiap awal tahun”, pungkasnya.

Sementara guru-guru yang hadir mengungkapkan rasa terima kasih mereka terhadap kesempatan untuk belajar langsung bersama Ruslan Wahid. “Bimtek ini membuka wawasan baru bagi kami dalam pengisian SPT tahunan, yang biasa kami harus pergi ke Kantor Pajak untuk melapor pajak penghasilan,” ujar Ibu Nur Ahyani, salah satu peserta.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid, ST (Humas)[

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar