Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Kabid Penmad Berikan Pembinaan di MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mtsn3mataram_humas- Bertempat ruangan lab yang telah disulap menjadi ruangan serba guna seluruh Civitas MTsN 3 Mataram dari guru-guru hingga staf karyawan menerima pembinaan dan sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka atau IKM langsung oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov NTB Drs. H. Muhammad Amin, M.M.Pd pada Kamis (3/11/2022).

Acara dimulai tepat pukul 09.00 wita pagi, sebelumnya seluruh Civitas madrasah sudah berkumpul pada pukul 08.45 wita.

Sebagaimana biasanya dan sudah menjadi tradisi yang diterapkan MTsN 3 Mataram acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Madrasah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan 5 Nilai Budaya Kerja Kemenag RI.

Dalam pembinaannya Kabid Penmad H. Muhammad Amin mengungkapkan perihal implementasi kurikulum merdeka (IKM) yang harus segera diterapkan oleh seluruh madrasah.

Ia menjelaskan berdasarkan edaran Dirjen Pendis dan KSKK Kementerian Agama RI dengan nomor 3811 Tahun 2022 tentang Pelaksana Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023.

“Madrasah yang telah ditetapkan untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka sebagaimana dalam surat keputusan tersebut dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka secara bertahap mulai Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk jengan RA, MI kelas 1 dan 4, MTs kelas 7 dan MA/MAK untuk kelas 10”, sebut Kabid Penmad Muhammad Amin.

“Sementara bagi madrasah yanag sudah mendaftar pada aplikasi PDUM, tetapi belum ditetapkan sebagai pelaksana kurilulum merdeka, serta madrasah yang belum mendaftar sama sekali, dapat melakukan persiapan secara mandiri implementasi kurikulum merdeka”, lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Kabid Penmad Muhammad Amin menekankan kepada madrasah yang belum ditetapkan maupun yang belum mendaftar untuk IKM agar segera mengambil langkah dengan berbagai upaya yang bisa dilakukan.

“Seperti mengadakan sosialisasi dan pelatihan bagi guru-guru terkait implementasi kurikulum merdeka dengan menggandeng guru-guru penggerak yang ada di Lombok Timur atau Lombok Barat sebagai narasumber “, pungkasnya.

Baca Juga  Pelaksanaan Ujian Tes Tahsin dan Tahfizd Qur'an Kelas 9 Tahun 2022

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram ini menegaskan bahwa madrasah yang belum mendaftar atau belum ditetapkan jangan terlena, jangan masih tidur harus terus berupaya mulai dari sekarang untuk mencoba menerapkan IKM sejak dini agar ketika ditetapkan tidak merasa asing dan kaget.

“Dengan begitu maka akan menjadi terbiasa dan telah memiliki modal pengetahuan untuk menjalankan kurikulum merdeka” tandas Amin

Dalam kesempatan yang sama ia berpesan kepada seluruh warga madrasah agar bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tupoksi masing-masing dan berdasarkan aturan yang ada.

“Antara guru-guru dan TU agar tidak terjadi sekat diantara kedua belah pihak namun bagaimana saling bantu membantu, bersatu untuk memajukan madrasah” pesannya.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kabid Penmad Kanwil Kemenag NTB yang telah hadir di tengah-tengah warga madrasah untuk memberikan pengarahan dan pembinaan sekaligus Sosialisasi implementasi kurikulum merdeka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Kabid yang telah banyak memberikan informasi, pengarahan dan pembinaan kepada guru-guru dan karyawan kami, terutama terkait dengan IKM, semoga apa yang telah disampaikan, kami akan segera menindaklanjutinya dalam waktu dekat”, harap Marzuki.

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar