Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Pelaksanaan Ujian Tes Tahsin dan Tahfizd Qur’an Kelas 9 Tahun 2022

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Sejak Rabu (16/2/2022) kemarin MTsN 3 Mataram melaksanakan ujian Tahsin dan Tahfizd Qur’an khusus bagi peserta didik kelas IX yang akan menamatkan pendidikannya dan akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kegaitan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dari tanggal 16 – 17 Februari 2022 mulai pukul 08.00 WITA dan berakhir pada pukul 11.00 WITA.

Peserta didik kelas IX dibagi menjadi 12 ruangan dan diuji oleh guru-guru yang telah ditunjuk berdasarkan surat tugas dari pihak kepala madrasah. Setiap penguji menyimak bacaan peserta didik untuk mengetahui layak tidaknya untuk lulus dalam tes Tahsin dan Tafizh Qur’an.

Tes baca Qur’an yang dilaksanakan oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mataram adalah untuk mewujudkan lulusan siswa yang mampu menguasai bacaan Al-Quran untuk bisa bersaing melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pada madrasah-madrasah favorit yang ada di Kota Mataram maupun sekolah lainnya di luar daerah.

Demikian dikatakan oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat memberikan arahan terhadap peserta didik kelas IX yang akan mengikuti tes Tahsin Qur’an pada Rabu (16/2/2022) usai pelaksanaan Imtaq yaumiyah.

“Program tersebut dijalankan oleh pihak madrasah untuk mewujudkan misi yang telah ditetapkan sejak berdirinya MTsN 3 Mataram yakni mewujudkan lembaga pendidikan yang berbasis pada; keteguhan iman, keunggulan ilmu, kemuliaan akhlak dan kecakapan salah satunya melalui program Tahsin dan Tahfizh Al-Quran”, lanjut Marzuki.

Ia menambahkan anak-anak MTsN 3 Mataram untuk lulus harus bisa membaca Al-Qur’an dan dapat bersaing bila melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi baik melalui jalur prestasi maupun reguler. “Harapan kami tidak ada lagi ceritanya lulusan anak madrasah itu khususnya siswa MTsN 3 Mataram tidak bisa baca Qur’an, harus bisa semua, malu kalau tidak bisa”, pungkas Marzuki.

Baca Juga  ANBK MTsN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022

Menurutnya setiap awal tahun pelajaran dilakukan tes bacaan Qur’an bagi peserta didik untuk mengetahui sejauhmana kemampuan dalam membaca Al-Qur’an itu sendiri. Tingkat kemampuan bacaan peserta didik dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu belum lancar, lancar dan sangat lancar.

“Bagi peserta didik yang masuk dalam kelompok belum lancar dan lancar dilakukan pembinaan khusus oleh pihak madrasah dengan membentuk tim pembina Tahsin Al-Qur’an dari guru-guru yang memiliki kompetensi dalam seni baca Qur’an diketuai oleh pembina Imtaq”, jelas Marzuki yang pernah menjadi Kepala MIN 1 Mataram.

Adapun peserta didik yang masuk kelompok sangat lancar difokuskan sebagai kelas tahfizh Qur’an. Namun tidak menutup kesempatan bagi peserta didik lain dibolehkan untuk mengikuti program tahfizh Qur’an bila sudah dinyatakan lancar dalam membaca Qur’an.

Sementara ketua Pembina Imtaq Delun, S.PdI sebagai penanggungjawab program Tahsin dan Tahfizh Qur’an mengatakan kegiatan tes ini merupakan program tahunan bagi peserta didik khususnya bagi kelas akhir. Setiap siswa akan memperoleh ijazah Tahsin maupun Tahfizd Qur’an dengan kategori Mumtaz (Istimewa), Jayyid Jiddan (Sangat bagus) dan Jayyid (Bagus), serta Maqbul (Cukup).

“Dengan ijazah yang mereka terima itu merupakan bentuk dari apresiasi dan pengakuan bagi peserta didik telah menguasai bacaan Qur’an dan berharap dapat berguna bila sudah menamatkan sekolahnya di madrasah”, tambah Delun.

Ia mengaku proses kegiatan pembinaan Tahsin Qur’an dijalankan sejak siswa masih duduk di kelas VII hingga kelas IX. Secara normal kegiatan Tahsin dijadwalkan sebagai mata pelajaran muatan local (Mulok), namun sejak diberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas akibat masihnya terjadi pandemi virus covid-19 kegiatan Tahsin dialihkan siang hari jam 11.00 setelah berakhirnya PTM.

“Namun alhamdulillah dalam kondisi yang serba terbatas ini kegiatan Tahsin berjalan dengan baik hingga dilaksanakan ujian, hal ini terwujud atas dukungan dari pihak madrsah, guru-guru dan para peserta didik selalu semangat tanpa mengeluh mengikuti kegiatan” tandas Delun

Baca Juga  PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TP. 2022/2023

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST ( Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar