Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Anggota PMR Ikuti Webinar Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Mataram (MTsN 3 Mataram)- Bertempat di Musholla anggota Palang Merah Remaja (PMR) MTsN 3 Mataram mengikuti webinar tentang Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi Melalui Aplikasi OKY pada Rabu (10/8/022) pukul 10.30 – 12.35 WITA.

Dalam kegiatan tersebut siswa yang tergabung dalam PMR diperkenalkan beberapa materi diantaranya adalah peran madrasah dalam edukasi keseahtan reproduksi, MKM dalam pengembangan karakter peserta didik berakhlak mulia, pengenalan aplikasi OKY sebagai bahan pengajaran dan belajar isu Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). kata Kamad MTsN 3 Mataram H. Marzuki.

Selain itu lanjutnya diberikan juga materi Pengenalan KesPro & Manajemen Kebersihan Menstruasi di usia Anak dan Remaja, bagaimana cara mencatat pengalaman menstruasi bagi perempuan dan dikenalkan tentang kapan waktu yang tepat untuk berdiskusi tentang menstruasi dengan anak.

Dia menambahkan pentingnya kegiatan ini yang harus diikuti bagi peserta didik yang merupakan anjuran langsung oleh Kepala Kakanwil Provinsi NTB berdasarkan surat ederan yang diterbitkan pada Selasa (9/8/2022) yang ditujukan keseluruh kepala MAN, MAS, MTsN dan MTsS se-Kota Mataram.

“Tujuannya adalah agar para siswa sejak dini memahami tentag Kesehatan reproduksi dan kebersihan menstruasi agar kelak ketika anak-anak sudah mencapai umur aqil balig dan menjadi ibu sudah memiliki kemampuan dalam hal pengetahuan reprosuksi dan menstruasi”, pungkas Marzuki.

Sementara menurut Ricka Dwi Noviana, S.Pd sebagai Pembina UKS menerangkan bahwa OKY adalah salah satu aplikasi pelacak menstruasi untuk remaja perempuan dan khusus dibuat oleh remaja perempuan.

“Aplikasi Oky ini memiliki banyak fitur yang bisa memberikan informasi menstruasi yang menyenangkan, kreatif, dan positif langsung ke tangan remaja perempuan melalui tool yang dipakai sehari-hari pada ponselnya”, ungkap Ricka yang mengajar IPS.

Baca Juga  ANBK MTsN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022

Dengan Oky membuat remaja perempuan lebih tenang dan pede dengan melacak kapan saja menstruasi mereka, juga memberikan informasi yang harus remaja perempuan tahu.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar