Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Gelar Pilkasis Periode 2021-2022

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram-News- Sebagaimana dilansir ngajarsenibudaya.com (13/9/21) bahwah MTsN 3 Mataram menyelenggarakan pemilihan calon Ketua dan Wakil Ketua Osis periode 2021-2022 dengan menggandeng Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Mataram mulai dari persiapan, proses kampanye hingga hari pencoblasan pada Sabtu (11/8/21).


KPUD Kota Mataram yang diwakili oleh Sopan Sofian mengatakan saat memberikan sosialisasi pada Kamis (9/9/21) tentang pemilihan umum bahwa pemilihan melalui pilkasis merupakan sarana pembelajaran berdemokrasi yang sangat penting diketahui bagi siswa.


“Ketika menginjak usia wajib mengikuti pemilu baik pada pilpres, pileg, pilkada atau di tingkat desa seperti pilkades anak-anak sudah terbiasa”, ujarnya.


Ia mengaku sangat berterima kasih kepada pihak madrasah karna pada kegiatan pilkasis ini merupakan tahun kedua KPUD Kota Mataram dilibatkan untuk pendampingan proses demokrasi dalam pemilihan calon Ketua dan Wakil ketua OSIM.


“Maka bagi adek-adek yang baru pertama ini akan memilih ketua dan wakil ketua osis agar tidak menyia-nyiakan suaranya alias golput, satu suara itu penting demi memilih calon pemimpin yang baik dan amanah menjalankan apa program yang telah dijanjikan pada saat kampanye”, terang Sofian.


“Melalui kegiatan ini kalian tidak hanya sekadar memilih salah satu calon yang diunggulkan tetapi ada pelajaran yang besar dan berharga adalah belajar berdemokrasi, maka pilihlah sesuai hati nurani dengan memperhatikan program-program yang baik yang dijanjikan bila terpilih nanti”, bebernya.


Hal senada diungkapkan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki bahwa kegiatan pilkasis merupakan kegiatan tahunan bagi madrasah yang dilakukan secara terbuka sebagaimana layaknya pemilu pada umumnya.
“Dilaksanakan dengan menjunjung asas luber (langsung, umum, bebas dan rahasia) dan jurdil (jujur dan adil)” pungkasnya.

Ia mengajak kepada semua warga madrasah agar sama-sama mengawal proses pembelajaran demokrasi melalui pilkasis dengan rasa tanggung jawab dan semangat kejujuran yang tinggi. Bagi yang terpilih diharapkan menjadi terdepan untuk membantu lembaga dan yang tidak terpilih bersama-sama memberikan dukungan.

Baca Juga  Kamad MTsN 3 Mataram H. Marzuki Menjadi Narasumber Webinar Nasional Makin Cakap Digital 2022


“Tidak ada lagi block atau kelompok-kelompok yang menganggap dirinya lebih baik, yang terpilih sama-sama didukung menjalankan program-program yang akan dijalankan demi kemajuan madrasah” tandas Marzuki.


Untuk diketahui dalam proses pilkasis yang diselenggarakan MTsN 3 Mataram pada Sabtu (11/9/21) diikuti oleh 4 pasangan calon ketua dan wakil ketua osis. Keempat pasangan calon tersebut adalah pasangan calon pertama Syakila meilani putri dengan NajwaSalsabila Rasyad, pasangan calon kedua Vina Olyvia Larasati dengan Zara Ulfi Patmara Mahda HM.


Pasangan calon ketiga Dwi Noval Farras Rasyid dengan Keizha Alfaisya Ramai dan pasangan calon Keempat adalah Rindu Iryawati berpasangan dengan Alyashifa Dende Amalia


Sementara Daftar Peserta pemilihan sebanyak 627 orang yang terdiri dari 574 orang dari siswa, dan 53 orang dari guru dan staf karyawan. Adapun tahapan pelaksanaan pilkasis dimulai dari tahap pendaftaran pada 30 Agustus 2021, orasi atau kampanye dibagi menjadi 2 hari dari tanggal 9 – 10 September 2021 dan penyampaian hak suara serta penghitungan suara pada Sabtu 11 Agustus 2021.


Dari hasil penghitungan suara didapatkan perolehan suara dari masing-masing calon adalah calon 1 meraih 77 suara, calon 2 sebanyak 246 suara, calon 3 mendapatkan 74 suara dan calon 4 meraih 136 suara. Dari hasil suara yang diperoleh yang terpilih menjadi calon ketua dan wakil ketua osim MTsN 3 Mataram periode 2021-2022 adalah pasangan urut 2 yakni Vina Olyvia Larasati dengan Zara Ulfi Patmara Mahda HM dengan perolehan suara terbanyak 246 suara sah.

Diwartakan oleh Ruslan Wahid, ST ( Guru MTsN 3 Mataram )

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar