Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Sukses Gelar ANBK Tanpa Jaringan Kabel LAN

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan / Teknologi

Mtsn3mataram_humas- Selama 2 hari sejak 19 – 20 September 2022 MTsN 3 Mataram sukses melaksanakan ANBK tanpa menggunakan perangkat jaringan kabel LAN atau wireless local area network.

ANBK yang diikuti sebanyak 50 orang siswa dari kelas 8 tersebut hanya menggunakan acces point sehingga tidak perlu repot-repot mensetting setiap PC client. Dengan begitu hampir semua PC bisa digunakan karna tersambung secara otomatis layaknya hotspot.

“Padahal sebelumnya ketika uji coba pada saat simulasi ANBK kami masih mencoba menggunakan sambungan jaringan lokal area atau LAN sehingga banyak laptop tidak bisa digunakan karna tidak membaca jaringan, sebagian lagi ada yang error dan tidak bisa membaca walaupun sudah disetting ip adressnya”, tutur Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat dikonfirmasi di ruang kerjanya (21/9/2022).

Dengan adanya langkah inovasi ini menurutnya sangat memberikan solusi sehingga semua PC bisa digunakan bahkan dengan ponsel pintar atau hp Android bisa digunakan untuk ANBK hanya menggunakan access point.

Ia sangat mengapresiasi kepada tim panitia dan tim proktor serta teknisi yang telah menemukan solusi yang selama ini selalu menjadi masalah setiap kali menghadapi ujian berbasis komputer seperti ANBK dan sejenisnya.

“Cara ini lebih simpel dan sederhana tidak terlalu banyak menyiapkan kabel-kabel LAN untuk tiap PC, oleh sebab itu kami sangat apresiasi inovasi-inovasi teman-teman tim panitia sehingga ANBK berjalan dengan baik dan lancar tanpa sedikitpun ada kendala apapun”, pungkas Marzuki.

Untuk diketahui cara kerja dari access point adalah akan bekerja saat ada perangkat yang mencoba mengakses jaringan. Umumnya, pada layar smartphone maupun PC akan muncul tampilan yang berisi permintaan pengisian sandi. Setalah itu, access point akan mengatur agar perangkat tersebut dapat terhubung dengan cara mencoba apakah sandi yang dimasukkan ke access sudah benar atau belum.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Berikan Vaksin Kepada Peserta Didik

Setelah sandi yang dimasukkan sudah benar, maka akan memberikan alamat IP ke perangkat agar bisa terhubung ke jaringan. Access point menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF (Radio Frekuensi) yang dibentuk oleh Wi-Fi dengan jalur data elektrik pada kabel ethernet.

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar