Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Visitasi Akreditasi MTsN 3 Mataram Dilakukan Secara Daring

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan

mtsn3mataram_news- Visitasi akreditasi MTsN 3 Mataram tahun 2022 berlangsung selama 2 hari sejak hari Jum’at (22/7/22) hingga Sabtu (23/7/22). Namun visitasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Visitasi kali dilakukan secara daring oleh pihak asesor BANS/M Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Walaupun dilakukan secara daring namun persiapan telah dilakukan oleh pihak madrasah selama kurang lebih satu bulan lamanya sebelum divisitasi. Persiapan dilakukan diantaranya pembenahan sarana prasana, persiapan berbagai bukti telaah dokumen dari 4 (empat) komponen yang akan dinilai.

Keempat komponen yang dipersiapkan terdiri dari komponen mutu lulusan, komponen proses pembelajaran, komponen mutu guru dan komponen manageman sekolah. Untuk mempersiapkan bukti telaah dokumen tersebut pihak madrasah membentuk tim panitia yang diketuai oleh Wakakurikulum Ahmad Muzayyin dan koordinator masing-masing komponen. Demikian dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd saat dikonfirmasi usai pelaksaan akreditasi.

“Bahkan untuk memaksimalkan persiapan 1 (satu) minggu sebelum jadwal visitasi dilakukan gladi bersih kreditasi dengan melibatkan pokjawas Kantor Kementerian Agama Kota Mataram pada Kamis 14/7/22)”, katanya.

Dalam proses visitasi akreditasi madrasah oleh asesor dilakukan beberapa tahapan dimulai dengan observasi, telaah dokumen dan wawancara pihak Kepala Madrasah, guru-guru, tenaga administrasi, komite, wali murid dan beberapa siswa.

Pada hari pertama visitasi akreditasi daring Jum’at (22/7/22) berlangsung dengan baik dan lancar tanpa ada kendala apapun dari segi fasilitas dan perangkat zoom meeting, tim IT secara stanby membantu dan mempersiapkan perangkat yang dibutuhkan.

Pada saat acara pembukaan resmi visitasi akreditasi yang dimulai pada pukul 08.00 wita pagi yang dihadiri oleh Asesor BANS/M, seluruh guru-guru, karyawan, ketua dan pengurus komite madrasah, perwakilan wali murid, beberapa siswa yang mewakili, dan turut hadir pula pengawas pembina MTsN 3 Mataram Hj. Siti Rubianingsih. Acara yang dipandu oleh Elis Sulistiya, M.Pd, dihadapan para asesor dan seluruh yang hadir di pembukaan mengawali acara ditampilkan sebuah karya tarian sesukan khas sasak Lombok oleh siswa MTsN 3 Mataram Larasati dkk dan penampilan salah satu siswa yang berprestasi dalam bidang tilawah Qur’an yakni Dinda Amalia.

Baca Juga  Kamad MTsN 3 Mataram Terpilih Lagi Menjadi Ketua KKMTs Masa Bakti 2022-2025, Dikukuhkan oleh Kakankemenag Kota Mataram

Selain menampilkan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan prestasi siswa yang pernah di raih, juga ditampilkan Selayang pandang (profil) madrasah yang berisi secara singkat tentang keadaan dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh madrasah.

Tak lepas dalam acara pembukaan dilantunkan Lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah serta pembacaan 5 Nilai Budaya Kerja Kemenag RI yang menggema dan bersemangat serta penuh khidmat dilakukan oleh seluruh civitas MTsN 3 Mataram.

Dengan berbagai penampilan yang dipersembahkan oleh madrasah salah satu asesor Abdul Haris, M.Pd memberikan apresiasi dengan penuh takjub kepada guru-guru yang begitu kompak dan meriah menyambut kegiatan visitasi akreditasi walapun secara daring.

“Rasanya seperti tatap muka saja, dengan daring saja begitu meriah dan antusias pihak MTsN 3 Mataram dalam mempersiapkan segalanya, luar biasa dan kami sangat apresiasi, semoga tetap kekompakan selalu dijaga”, ungkapnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada hari pertama visitasi oleh tim asesor yaitu wawancara dan telaah dokumen untuk masing-masing komponen yang diwakili oleh tim koordinator, mendengarkan pemaparan tentang profil madrasah oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, dan wawancara oleh wali murid, dan Komite madrasah. Sementara di hari kedua Sabtu (23/7/22) kegiatan dilakukan adalah observasi proses pembelajaran oleh 2 orang guru yaitu Sihabuddin, M.Pd yang mengajar Bahasa Inggris kelas 9 A dan Eri Hendrawati, S.Pt mengajar IPA Kelas 8 A. Selain observasi mengajar dilakukan wawancara tim asesor kepada guru-guru dan siswa-siswa.

Memasuki pukul 14.00 wita hari kedua visitasi akreditasi daring pada Sabtu (23/7/22) dilaksanakan acara penutupan sekaligus penyampaian hasil evaluasi oleh tim asesor. Acara dipandu oleh Hj. Hadiani, S.Pd. Sebagaimana pada pembukaan di saat penutupan juga disela-sela acara ditampilkan ice breaking berupa penampilan puisi oleh Marsah Dwi Amalia salah satu siswa MTsN 3 Mataram dan penampilan Tari Zapin.

Baca Juga  193 Siswa MTsN 3 Mataram Lulus 100 %

Dalam evaluasi yang disampaikan oleh tim asesor Abdul Aziz, M.Pd mengatakan yang perlu diperhatikan dan ditekankan adalah terkait dengan proses pembelajaran. “Secara umum dalam proses pembelajaran guru sudah melakukan dengan baik, namun ada beberapa hal yang jangan sampai lupa oleh guru ketika mengajar adalah menyampaikan tujuan dari pada pembelajaran sesuai yang tertera dalam RPP yang disusun”, bebernya.

Sementara tim asesor lainnya Abdul haris, M.Pd mengatakan semua proses dari awal hingga akhir sudah bagus, semua elemen dari Kepala, guru, komite hingga siswa dari hasil wawancara yang digali hampir menyampaikan alasan dan argumen yang sama.

“Semoga kekompakan ini terus dipertahankan, kami sangat luar biasa merasa senang dan bangga pada semuanya, teruslah dipertahankan, dan kepada siswa teruslah untuk berprestasi bukan hanya di tingkat nasional tapi cobalah ke tingkat nasional, karna sekarang sangat mudah mengikuti event walau berada di rumah” tuturya.

Sementara H. Marzuki selaku Kepala MTsN 3 Mataram menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim asesor yang telah hadir walau secara daring atau virtual telah bekerja sesuai yang ditargetkan dengan baik dari hari pertama dan hari kedua.

“Kegiatan yang dilakukan secara daring ini, tentu tidak mengurangi rasa hormat kami, untuk menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan permohonan maaf yang setinggi-tingginya bila ada kekurangan dan kekeliruan dari penyambutan hingga pelaksanaan akreditasi oleh kami, semoga apa yang telah dilakukan oleh tim asesor dan tim akreditasi madrasah menjadi catata amal ibadah disisi Allah SWT.”, pungkas Marzuki.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Siti Rubianingsih
Minggu, 24 Jul 2022

Alhamdulilah berjalan lancar, dn mantaap. Sucs untuk MTs Negeri 3 dan Tim. Terus maju berkarya dan tetap kompak🙏🙏👍

Balas
Hadiani
Minggu, 24 Jul 2022

Hidup Pak Humas, Jaya MTsN 3👍👏👏

Balas
Hj. Indarwati, S.Pd.,M.Pd.I
Senin, 25 Jul 2022

Masya Alloh sukses luar biasa, MTs N 3 Mataram, Is the Best yesus… Pak Kamad Selamat ya, Bapak H. Masuki,

Balas

Beri Komentar