Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 Berlangsung Khidmat di MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas- Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram menyelenggarakan upacara yang di pusatkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Mataram pada Kamis (1/6/2023).

Kegiatan berlangsung dengan lancar, penuh khidmat dan meriah, dihadiri oleh berbagai tokoh pejabat penting Kantor Kemenag Kota Mataram dan peserta dari berbagai sekolah madrasah di Kota Mataram.

Kakankemenag Kota Mataram, H. Jaelani, bertindak sebagai pembina upacara yang memberikan arahan dan pesan penting dalam peringatan ini. Selain itu, Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, sebagai tuan rumah juga turut hadir dan berperan aktif dalam memastikan kelancaran acara tersebut.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Kasubag TU Kemenag Kota Mataram Jalaluddin, S.HI,M.HI, semua Kasi Kantor Kemenag Kota Mataram, Pokjawas, dan Pengawas Madrasah, Kepala KUA, Penghulu, penyuluh, serta seluruh ASN dan Non ASN Kemenag Kota Mataram. Keberadaan mereka memberikan dukungan yang kuat untuk kelancaran kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Tak hanya itu, seluruh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Kota Mataram juga turut hadir dalam upacara tersebut. Seluruh guru madrasah baik ASN dan non ASN dari MIN, MTsN, dan MAN juga turut serta mengikuti upacara, serta siswa-siswa kelas 7 dan 8 MTsN 3 Mataram yang memadati Lapangan Madrasah, menciptakan suasana yang semarak.

Dalam suasana khidmat, seluruh peserta upacara mengikuti rangkaian acara dengan penuh penghayatan. Upacara dimulai dengan diawali parade para pahlawan Nasional yang menjadi penghormatan bagi jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Setelah parade pahlawan, penampilan pasukan pengibar bendera (Paskibra) MTsN 3 Mataram menjadi sorotan utama. Pasukan paskibra terdiri dari 60 orang yang telah melalui proses pelatihan intensif.

Baca Juga  Kakankemenag Mataram Pantau Pelaksanaan AM Hari Pertama di MTsN 3 Mataram

Dengan kepiawaian yang ditampilkan, mereka memukau semua peserta upacara dengan gerakan yang disiplin dan sempurna saat mengibarkan bendera Merah Putih.

Ketua Paskibra MTsN 3 Mataram, Andika Pratama Wicaksono, mengatakan, “Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam peringatan ini dan berusaha memberikan yang terbaik untuk memeriahkannya.”

Dalam amanatnya saat membaca pidato Hari Lahir Pancasila Kemendikbudristek, H. Jaelani menyampaikan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai landasan utama bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia menekankan bahwa Pancasila tidak hanya sebagai slogan semata, tetapi juga harus diwujudkan dalam tindakan nyata.

Ia juga mengajak seluruh peserta upacara untuk terus menjaga dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi agen perubahan positif dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

“Selain itu, peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kerukunan antarumat beragama”, ungkap H. Jaelani.

“Kita harus saling menghormati dan bekerja sama sebagai bagian dari masyarakat yang beragam. Pancasila mengajarkan kita untuk hidup dalam harmoni dan saling mendukung”, sambungnya.

Semangat dan makna yang terkandung dalam Pancasila dapat terus ditanamkan dan dijunjung tinggi oleh seluruh masyarakat Indonesia, demi mewujudkan cita-cita bangsa yang adil, makmur, dan berdaulat.

Melalui upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini, semangat persatuan dan kebangsaan diharapkan tetap terjaga dan terus berkobar di hati setiap individu. Melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila, Indonesia dapat terus maju dan menjadi negara yang kuat dan bermartabat.

Peringatan ini menjadi momentum yang penting untuk merefleksikan kembali makna dan pentingnya Pancasila sebagai dasar dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Sebelum mengakhiri amanatnya Mantan Kepala Kantor Kemenag Lombok Tengah ini mengakui bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila di MTsN 3 Mataram tahun ini sukses terlaksana dengan baik, penuh khidmat berkat kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh pihak yang terlibat.

Baca Juga  PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TP. 2022/2023

“Terutama para petugas dari siswa-siswa MTsN 3 Mataram secara full time menjalankan tugasnya, kami merasa bangga dan menyampaikan terimakasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya”, pungkasnya.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar