Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Supervisi Akademik dan Administrasi Pembelajaran MTsN 3 Mataram oleh Pokjawas Kemenag Kota Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan

Mataram_(Humas)- Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kota Mataram melakukan kegiatan supervisi akademik dan administrasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mataram (MTsN 3 Mataram) Senin (4/9/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, khususnya dalam hal pembelajaran dan administrasi.

Tim suoervisor dari Pokjawas diketuai oleh Rusnan, M.Pd dengan anggota Hj. Siti Rubianingsih, SE, M.Pd, Kasman, M.Pd, Dra. Hj. Rahimah, M.Pd, , H. Jufri, dan Drs. Aziz, M.Pd. Kegiatan supervisi ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu observasi pembelajaran dan observasi administrasi.

Pada tahap observasi pembelajaran, tim Pokjawas mengamati proses pembelajaran di kelas. Observasi dilakukan terhadap 6 guru, yaitu guru IPA, Akidah AKhlak, dua guru Bahasa Indonesia, FIkih, dan IPS. Tim Pokjawas memberikan apresiasi terhadap proses pembelajaran yang sudah berlangsung dengan baik.

Pada tahap observasi administrasi, tim Pokjawas memeriksa kelengkapan administrasi pembelajaran, seperti buku kerja guru, RPP, silabus, dan KKM. Pada proses ini lakukan terhadap 7 orang guru yaitu guru Matematika, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, Fikih, dan 2 orang guru BK. Hasil observasi menunjukkan bahwa administrasi pembelajaran di MTsN 3 Mataram sudah cukup lengkap dan tertata rapi.

“Secara umum, proses pembelajaran di MTsN 3 Mataram sudah cukup baik. Guru-guru sudah mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang inovatif,” kata Rusnan sebagai ketua Pokjawas.

Namun, tim Pokjawas juga memberikan beberapa saran untuk perbaikan, antara lain: Guru perlu lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran, Guru perlu lebih aktif dalam melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan Guru perlu lebih memperhatikan penilaian proses dan hasil belajar siswa.

“Saran-saran tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran,” tandas Rusnan.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram, Bapak H. Marzuki, menyambut baik kegiatan supervisi ini dan menganggapnya sebagai kesempatan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasahnya. “Kami sangat menghargai kunjungan dan supervisi yang dilakukan oleh Pokjawas Kementerian Agama Kota Mataram. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 3 Mataram,” ujarnya.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Peringati HUT RI Ke-78 dengan Penuh Khidmat dan Semangat

Ia berharap dari hasil supervisi ini akan dijadikan dasar untuk memberikan rekomendasi perbaikan kepada pihak madrasah. Banyaknya data dan informasi yang dikumpulkan selama supervisi akan digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pembelajaran dan administrasi di MTsN 3 Mataram.

“Dan kami akan berusaha untuk menindaklanjuti saran-saran dari tim Pokjawas,” tandas Marzuki.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar