Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Sosialisasikan PPDB 2023/2024 MTsN 3 Mataram Undang Camat, Lurah dan Kaling Jempong Baru

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram, Humas- Menjelang pelaksanaan Penerimaan Calon Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun pelajaran 2023/2024, MTsN 3 Mataram mengadakan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan instansi terkait. Kegiatan sosialisasi ini diadakan lebih awal guna memujudkan pemahaman bersama antara pihak madrasah dan masyarakat terkait dengan ketentuan dan prosedur pelaksanaan PPDB tahun 2023 yang diberlakukan oleh madrasah.

Sosialisasi tersebut diadakan pada Sabtu (10/6/2023) dengan dihadiri oleh Kepala Camat Sekarbela atau Sekcam yang mewakili, Kepala Lurah, 11 orang Kepala Lingkungan yang berada di wilayah Jempong Baru, serta perwakilan dari Bhabinkamtibmas Polri dan TNI Kecamatan Sekarbela. Turut hadir pula ketua Komite MTsN 3 Mataram H. Suhaimi Anwar. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memastikan bahwa semua pihak memiliki pemahaman yang sama terkait dengan proses PPDB agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Mengawali sambutannya Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki menyampaikan bahwa saat ini madrasah menjadi pilihan strategis bagi masyarakat karna keberadaan di pintu utama masuk wilayah kota Mataram.

“Tidak hanya itu MTsN 3 Mataram terletak di tengah-tengah kantor administrasi Kota Mataram di jalan lingkar, apalagi keberadaan madrasah terletak di jalan nasional bahkan Internasional yang sering dilalui pada saat ada event penting”, tuturnya.

Menurutnya bukan saja karna letaknya strategisnya, MTsN 3 Mataram juga sudah banyak mencetuskan dan mendeklerasikan berbagai program yang mendukun pada pembentukan karakter peserta didik.

“Diantaranya adalah sudah melakukan deklarasi sango santri, deklarasi sekolah/madrasah satuan pendidikan ramah anak (SRA), menerapkan Kartu Anak Sholeh (KMASS) sebagai kontrol aktivitas siswa di lingkungan rumahnya, dan masih banyak lagi program lainnya seperti program PJAS Aman hingga masuk nominasi tingkat Nasional”, bebernya.

Oleh sebab itu kata Marzuki sudah menjadi persaingan ketat dalam seleksi untuk masuk ke madrasah. Untuk masuk tidak begitu saja, pasti terdapat aturan dan prosedur tertentu dalam seleksi penerimaan peserta didik baru yang harus dipatuhi oelh masyarakat. Oleh karena itu, ia meminta kepada Kepala Camat, Lurah dan seluruh kepala lingkungan untuk mendukung dan memahami dengan baik apa yang telah ditentukan oleh madrasah.

Baca Juga  Pelaksanaan Ujian Tes Tahsin dan Tahfizd Qur'an Kelas 9 Tahun 2022

“Kami sangat mengharapkan kepda semua pihak untuk mendukung apa yang telah ditentukan oleh madrasah. Kami juga mengharapkan agar dapat disampaikan kepada masyarakat yang berminat mendaftarkan anak-anaknya di madrasah untuk mempersiapkan diri sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan,” pungkas Marzuki.

Marzuki juga menjelaskan bahwa animo masyarakat untuk menitipkan anaknya menimba ilmu di madrasah sangat tinggi. Namun, untuk tahun pelajaran 2023/2024 daya tampung madrasah hanya mampu menampung 96 orang peserta didik baru yang didasarkan pada ketersediaan ruang belajar. Oleh karena itu, Marzuki mengajak para Kepala Lingkungan yang paling dekat dengan masyarakatnya untuk memahami dan menerima kondisi tersebut, sehingga jika ada siswa yang tidak dapat diterima pada saat PPDB, mereka dapat mengarahkan siswa tersebut ke sekolah umum atau sekolah terdekat di lingkungan tempat tinggalnya.

Hal senada dikatakan Ketua Komite H. Suhaimi Anwar, menyambut baik langkah yang ditempuh oleh Kepala MTsN 3 Mataram dalam menerapkan aturan dan regulasi yang telah ditetapkan. Ia mengungkapkan apresiasinya terhadap momen sosialisasi ini dan menyatakan dukungan penuh terhadap program-program yang akan dijalankan oleh madrasah. Ia mengajak instansi terkait dan seluruh Kepala Lingkungan untuk mendukung ketentuan dan prosedur penerimaan peserta didik baru yang telah disampaikan oleh kepala madrasah.

“Pada kesempatan ini, kami meminta dukungan kepada pak Camat, Ibu Lurah dan seluruh Kepala Lingkungan untuk menekankan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing bahwa jika ingin mendaftarkan anak-anaknya di MTsN 3 Mataram, mereka harus mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat bersaing dengan calon-calon siswa dari luar lingkungan Jempong” ajak H. Suhaimi.

Untuk diketahui Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di MTsN 3 Mataram akan dibuka secara serentak dengan Pemerintah Kota Mataram pada tanggal 26 Juni 2023. Informasi dan syarat ketentuan Pendaftaran dapat diakses secara online melalui laman resmi http://ppdb.mtsn3mataram.sch.id.

Baca Juga  Penarikan Mahasiswa Unram di MTsN 3 Mataram

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar