Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Setelah Gelar ANBK Tanpa Jaringan Kabel LAN, Kini Pelaksanaan AKMI Sukses Digelar oleh MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan / Teknologi

Mtsn3mataram_humas- Sebagaimana halnya pelaksanaan Assesmen Nasional (ANBK) yang telah dilaksanakan pada19 – 20 September 2022 oleh MTsN 3 Mataram dan sukses terlaksana tanpa menggunakan perangkat jaringan kabel LAN atau wireless local area network.

Kini MTsN 3 Mataram dipercaya kembali sebagai pilot projeck khusus untuk wilayah Kota Mataram untuk melaksanakan Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Madrasah MTsN 3 Mataram yang terletak di ujung Kota Mataram bagian Selatan tepatnya di jalan lingkar Selatan Jempong Baru Sekarbela Mataram tidak pantang menyerah walapun memiliki sarana prasana yang belum lengkap di banding dengan madrasah-madrasah negeri yang ada di kota Mataram.

Sebagamana halnya kesukseskan pelaksanaan ANBK yang telah digelar sebelumnya. Begitu pula pelaksanaan AKMI berjalan sukses dengan cara dan teknik yang sama dilakukan ketika pelaksanaan ANBK. Demikian dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd dengan berkaca-kaca saat dikonfirmasi di ruang kerjanya (28/9/2022).

Marzuki menambahkan pada gelaran ANBK hanya diikuti sebanyak 50 orang siswa dari kelas 8. Sementara pada AKMI sebanyak 203 orang siswa dari jumlah keseluruhan kelas 8 menjadi peserta AKMI. “Dengan jumlah yang banyak itu tim panitia dengan kemampuan dan tugas dan tanggungjawab mereka mampu mengatur pelaksanaan kegiatan dengan baik hingga pelaksanaan berjalan sukses tanpa ada kendala maupun gangguan sedikitpun”, bebernya.

Kunci keberhasilan pelaksanaan tersebut ungkapnya tentu dukungan dari semua warga madrasah dan siswa-siswa yang sukarela membawa laptop maupun gadgetnya selama 2 hari berturut-turut untuk mengikuti kegiatan AKMI.

Saat dikonfirmasi oleh tim Humas H. Marzuki yang pernah menjadi Kepala MIN 1 Mataram itu mengapresiasi kepada tim panitia dan tim proktor serta teknisi yang telah bekerja keras mensukseskan AKMI sebagaimana pelaksanaan ANBK.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Pra Matsama bagi Peserta Didik Baru

“Atas kerja keras tim panitia bersama tim lainnya telah menemukan berbagai inovasi dalam pelaksanaan AKMI, kami sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya termasuk juga pada para guru-guru pengawas yang ikut dengan sabar dan tanggungjawab dalam memantau mengawas siswa-siswa yang mengikuti AKMI “, pungkas Marzuki.

Diakuinya pelaksanaan AKMI yang sukses dilaksanaan oleh MTsN 3 Mataram membawa kesan tersendiri bagi tim monev Pusat Kementerian Agama RI yang hadir pada hari pertama kemarin Selasa (27/2022) yang didampingi oleh Kasi Pendidikan Kanwil Kemenag Prov. NTB H. Jalaluddin, M.Ed.

“Alhamdulillah dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Kemenag Pusat beserta monev Kanwil Kemenag NTB kemarin, madrasah diberikan apresiasi bahwa dari pantauannnya AKMI dilaksanakan dengan baik tanpa ada hal-hal yang terjadi, berjalan dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan berdasarkan juknis” Tandas Marzuki.

Untuk diketahui system pelaksanaan AKMI MTsN 3 Mataram sama dengan ANBK menggunakan acces point sehingga tidak perlu repot-repot mensetting setiap PC client. Dengan begitu hampir semua PC bisa digunakan karna tersambung secara otomatis layaknya hotspot. Siswa hanya login dengan akun masing-masing yang telah diberikan oleh panitia menggunakan HP Android atau menggunakan PC mereka.

Cara kerja dari access point adalah akan bekerja saat ada perangkat yang mencoba mengakses jaringan. Umumnya, pada layar smartphone maupun PC akan muncul tampilan yang berisi permintaan pengisian sandi. Setalah itu, access point akan mengatur agar perangkat tersebut dapat terhubung dengan cara mencoba apakah sandi yang dimasukkan ke access sudah benar atau belum.

Setelah sandi yang dimasukkan sudah benar, maka akan memberikan alamat IP ke perangkat agar bisa terhubung ke jaringan. Access point menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF (Radio Frekuensi) yang dibentuk oleh Wi-Fi dengan jalur data elektrik pada kabel ethernet.

Baca Juga  4 Siswa MTsN 3 Mataram Terpilih Menjadi Peserta Jambore Nasional, Dilepas Langsung Oleh Gubernur NTB

Sebanyak 203 siswa khusus dari kelas 8 sebagai sasaran utama yang menjadi peserta AKMI Tahun 2022 dengan dibagi menjadi 4 ruangan dengan 2 sesi. Setiap ruangan terdiri dari 25 – 26 siswa dengan 1 orang pengawas AKMI.

AKMI dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 27 – 28 September 2022. Ada 4 materi yang diassesmenkan terdiri dari literasi membaca, sains, numerasi dan sosial budaya. Untuk hari pertama dijadwalkan untuk Literasi membaca dan Sains. Sementara hari ke 2 Literasi numerasi dan sosial budaya (sosbud).

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar