Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Selamat ! MTsN 3 Mataram Raih Stratifikasi UKS/M “OPTIMAL”, Sebagai Bukti Konsistensi dalam Melayani Kesehatan Siswa

Diterbitkan : - Kategori : Prestasi

Mataram_humas – Kabar gembira datang dari MTsN 3 Mataram. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag), madrasah ini berhasil meraih stratifikasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) dengan predikat “OPTIMAL”. Pencapaian ini menjadi bukti nyata konsistensi MTsN 3 Mataram dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi para siswanya.

Proses penilian Stratifikasi UKS/M tersebut dilakukan dengan cara upload dokumen pendukung dan wawancara yang berlangsung selama 2 bulan mulai September hingga awal Oktober 2023 dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bersama Kementerian Agama menitikberatkan pada empat indikator utama.

Yang pertama adalah Pendidikan Kesehatan: Penilaian meliputi pelaksanaan kegiatan-kegiatan penyuluhan kesehatan, ketersediaan materi edukasi kesehatan, dan tingkat pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

Kedua Pelayanan Kesehatan: Fokus penilaian pada kelengkapan sarana dan prasarana UKS/M, ketersediaan obat-obatan dan alat kesehatan, serta kompetensi petugas UKS/M dalam menangani masalah kesehatan siswa.

Ketiga Pembinaan Lingkungan Madrasah Sehat: Penilaian mencakup kebersihan dan kerapian lingkungan madrasah, ketersediaan air bersih dan sanitasi yang layak, serta penerapan pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari.

Dan keempat adalah Manajemen UKS/M: Penilaian meliputi struktur organisasi UKS/M, perencanaan program kegiatan, pengadministrasian data kesehatan, serta evaluasi program kerja.

Diakui Pembina UKS/M MTsN 3 Mataram Ricka Dwi Noviana, S.Pd Memperoleh predikat “OPTIMAL” bukanlah hal yang mudah. MTsN 3 Mataram telah melalui proses panjang dengan melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas UKS/M.

“Di antaranya adalah melakukan pelatihan rutin bagi petugas UKS/M. kegiatan ini dilaksanakan secara berkala mengadakan pelatihan bagi petugas UKS/M untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menangani berbagai masalah kesehatan siswa”, kata Ricka.

Selain itu tambah guru IPS ini adalah melakukan penyuluhan kesehatan terpadu. Kegiatan ini secara rutin diselenggarakan, tidak hanya untuk siswa, tetapi juga untuk guru dan tenaga kependidikan.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Raih Juara 3 Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah

“Untuk penyuluhan kesehatan kami juga melakukan kerjasama dengan pihak puskesmas setempat dan instansi kesehatan lainnya seperti Dinas Kesehatan, BNN Kota Mataram untuk mendapatkan dukungan dalam program-program kesehatan madrasah”, beber Ricka

Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. Ia menyampaikan bahwa predikat “OPTIMAL” merupakan buah manis dari kerja keras dan komitmen seluruh warga madrasah untuk mewujudkan lingkungan belajar yang sehat dan nyaman bagi siswa.

“Saya sangat bahagia dan bangga atas pencapaian ini. Ini merupakan bukti nyata bahwa MTsN 3 Mataram sangat peduli terhadap kesehatan para siswanya. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas UKS/M” ujar Marzuki saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Selasa (12/12/2023).

Diakuinya dengan predikat “OPTIMAL” yang diperoleh bukan sekadar penghargaan, tetapi juga menjadi motivasi bagi MTsN 3 Mataram untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi para siswa.

“Dengan prestasi PJAS Aman yang elah diraih di tingkat nasional, maka Madrasah terus berkomitmen untuk menjadikan madrasah yang sehat bagi siswa maupun tenaga pendidik dan kependidikan”tandasnya.

Ditempat terpisah atas keberhasilan MTsN 3 Mataram dalam meraih stratifikasi UKS/M “OPTIMAL” mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram H. Jaelani, M.Pd. Ia menyampaikan bahwa MTsN 3 Mataram terus meningkatkan kepeduliaanya terhadap kesehatan siswa dan lingkungan madrasah.

“Kami sangat mengapresiasi pencapaian MTsN 3 Mataram. Madrasah ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun UKS/M yang optimal. Semoga keberhasilan ini dapat menginspirasi madrasah lainnya untuk melakukan hal yang sama,” ujar Jaelani.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar