Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Selama KBM Ramadhan 1444 H, MTsN 3 Mataram Khatamkan Qur’an 15 Kali

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

MTsN 3 Mataram, salah satu madrasah yang ada di Kota Mataram, NTB, meraih prestasi yang membanggakan selama bulan Ramadhan 1444 H ini. Mereka berhasil melakukan khataman Al-Quran sebanyak 15 kali, sebuah pencapaian yang patut diapresiasi dan dijadikan contoh bagi madrasah-madrasah lain di Mataram.

Kegiatan khataman Al-Quran ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian ibadah keagamaan selama bulan suci Ramadhan. Menurut Kepala Madrasah MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kecintaan para siswa terhadap Al-Quran.

“Kami ingin memotivasi para siswa untuk lebih mempelajari Al-Quran dan menjaga hafalan serta tahsin yang sudah dimiliki. Khataman Al-Quran ini juga menjadi sarana untuk membina karakter siswa dalam aspek keagamaan,” ujarnya.

Kegiatan khataman Al-Quran ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru MTsN 3 Mataram seabgai pembimbing kelompok. Kepala Madrasah menjelaskan bahwa kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu sebanyak 60 kelompok, sehingga semua siswa dan guru dapat berpartisipasi secara maksimal.

Siswa-siswa MTsN 3 Mataram yang mengikuti kegiatan ini merasa senang dan bangga. Laili Rahmayani, salah satu siswa sekaligus ketua OSIM MTsN 3 Mataram, mengatakan bahwa ia merasa terharu dapat berpartisipasi dalam khataman Al-Quran sebanyak 15 kali bersama teman-temannya setiap hari selam KBM di Bulan Ramadhan.

“Saya merasa senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan khataman Al-Quran ini bersama teman-teman. Kami semua merasa terharu dan bersemangat untuk meningkatkan kecintaan kami pada Qur’an,” katanya.

Kegiatan khataman Qur’an setiap harinya dipublikasi melalui platform yootube sehingga banyal Orang tua siswa dan masyarakat juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan khataman Al-Quran yang dilakukan oleh MTsN 3 Mataram setelah meraka melihat dan menonton. Mereka berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa yang akan datang.

Baca Juga  Kemenag Kota Mataram Luncurkan Program KMASS dan Kelas Uswah MTsN 3 Mataram

“Hal ini sangat positif untuk membina karakter siswa dalam aspek keagamaan untuk cinta pada Al-Qur’an yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Kita harus terus mendukung dan memotivasi kegiatan seperti ini agar anak-anak kita menjadi lebih baik lagi,” kata Sarkawi, M.Hum salah seorang orang tua siswa sekaligus pengurus Komite Madrasah.

Prestasi MTsN 3 Mataram dalam melakukan khataman Al-Quran ini juga mendapatkan perhatian dari pihak Kantor Kemenag Kota Mataram. Drs. H. Iskandar haryadi selaku Kepala Kankemenag Kota Mataram, ia mengapresiasi pencapaian ini dan berharap agar madrasah-madrasah lain di Mataram bisa dapat mencontoh kegiatan positif ini.

“Saya mengapresiasi pencapaian MTsN 3 Mataram yang berhasil melakukan khataman Al-Quran sebanyak 15 kali selama bulan Ramadhan 1444 H. Ini adalah prestasi yang patut diapresiasi dan dijadikan contoh bagi madrasah-madrasah lain di Mataram dengan cara didigitalisasi agar diketahui oleh masyarakat umum,” ujarnya.

“Prestasi MTsN 3 Mataram ini menjadi bukti bahwa madrasah tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga memperhatikan aspek keagamaan dan karakter siswa. Kegiatan seperti khataman Al-Quran dapat memberikan pengaruh positif bagi para siswa dalam membentuk karakter yang baik dan menjaga keimanan mereka”, sambungnya.

Selain itu, prestasi ini juga menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan tidak harus menjadi hal yang membosankan atau menjenuhkan. Dalam kegiatan khataman Al-Quran yang dilakukan oleh MTsN 3 Mataram, para siswa dan guru dapat merasakan kegembiraan dan kebahagiaan yang sama dalam beribadah.

“Keberhasilan MTsN 3 Mataram dalam melakukan khataman Al-Quran sebanyak 15 kali ini juga menunjukkan bahwa mereka telah berhasil memanfaatkan momen suasana Ramadhan dengan baik” tandas Iskandar.

Pencapaian MTsN 3 Mataram ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di Mataram untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga  Penarikan Mahasiswa PLP Unram, Kamad MTsN 3 Mataram: Jadikan Pengalaman yang Berguna bagi Masyarakat

Keberhasilan MTsN 3 Mataram dalam melakukan khataman Al-Quran sebanyak 15 kali selama bulan Ramadhan 1444 H merupakan sebuah prestasi yang patut diapresiasi. Kegiatan ini dapat memberikan pengaruh positif bagi para siswa dalam membentuk karakter yang baik dan menjaga keimanan mereka.

Semoga prestasi MTsN 3 Mataram ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di Mataram khususnya dan NTB pada umumnya untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang kreatif dan inovatif.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar