Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Selain Simulasi ANBK, Siswa MTsN 3 Mataram Juga Mengikuti Simulasi AKMI

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan / Teknologi

mtsn3mataram_humas- Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dimadrasah, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengadakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) sebagaimana Assesmen Nasional (ANBK) yang diadakan Kemedikbudristek. 

Berdasarkan POS yang telah diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3634 Tahun 2022 bahwa AKMI bertujuan untuk mengukur dan memetakan kompetensi siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

Untuk itu sesuai POS untuk tingkat MTs AKMI akan dilaksanakan mulai tanggal 19 September hingga 8 Oktober 2022 mendatang. Sementara MTsN 3 Mataran sendiri akan melaksanakannya pada tanggal 26 – 27 September 2022. Demikian dijelaskan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat dikonfirmasi di ruang kerjanya (17/9/2022).

Untuk mempersiapkan pelaksanaan AKMI di MTsN 3 Mataram tambah Marzuki peserta didik diperkenalkan dengan melakukan simulasi atau gladi bersih sebagaimana halnya 2 hari sebelumnya (12-13/9/2022) dilakukan simulasi ANBK.

Namun kata Marzuki pelaksanaan ANBK dengan AKMI sedikit berbeda. Dimana ANBK diikuti hanya 50 orang siswa sementara untuk AKMI seluruh kelas 8 sebanyak 203 orang siswa.
“Sehingga dengan jumlah siswa tersebut dibutuhkan sekitar 150 perangkat laptop, kekurangan dari laptop akan menggunakan hp Android dengan sistem router ke acces point”, paparnya.

Ia mengaku dari proses simulasi yang dilaksanakan tadi pagi (17/9/2022) dengan menggunakan hp Android tidak terdapat kendala secara teknis tampak berjalan lancar. “Malah dengan menggunakan Android lebih simpel dan praktis dibanding dengan menggunakan laptop yang membutuhkan banyak setingan belum lagi kalau laptopnya tidak support dengan kabel LAN atau troble lainnya” pungkas Marzuki.

Kendati demikian dikatakannya ia terus berusaha untuk memperbaiki lagi dan mencari solusi terbaik agar berjalan normal dengan mencoba menerapkan sistem Android tanpa terhubung dengan LAN bersama tenaga proktor dan teknisi yang dimiliki dengan harapan semua berjalan lancar pada saat pelaksanaan.

Baca Juga  PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TP. 2022/2023

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST, (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar