Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

SE Pendis Tentang Kegiatan Pembelajaran Selama Ramadhan 1444 H

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Diketahui bulan Ramadhan 1444 H atau 2023 akan tiba beberapa hari lagi. Pada bulan tersebut seluruh ummat muslimin menjalankan ibadah puasa dengan penuh suka cita. 

Pada bulan Ramadhan memiliki pahala yang amat besar atas amalan-amalan yang dilakukan dengan penuh keikhlasan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dirindukan oleh kaum muslimin. 

Dimana bulan Ramadhan ini hanya terjadi sekali Dalam satu tahun hijriah. Bulan ini disebut juga sebagai tuannya dari bulan-bulan yang lain.

Sementara agar lebih efektifnya pelaksanaan pembelajaran di tengah-tengah bulan puasa Ramadhan ini, diatur oleh Kementerian Agama khususnya untuk madrasah. Untuk sekolah-sekolah umum sesuai dengan ketentuan edaran dari pemerintah setempat. 

Oleh sebab itu melalui Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran terkait kegiatan pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan 1444 H. 

Surat edaran yang terbit pada 13 Maret 2023 dengan Nomor : B-1119/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2023 ditujukan kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Seluruh Indonesia.

Berikut isi lengkap dari surat edaran Dirjen pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia untuk dapat dijadikan pedoman pada proses pembelajaran di madrasah. 

Dalam rangka efektivitas kegiatan pembelajaran di madrasah pada bulan Ramadhan 1444 H, dengan memperhatikan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3001 Tahun 2022 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut : 

1. Awal bulan Ramadhan 1444 H diperkirakan pada tanggal 23 Maret 2023, maka tanggal 23 Maret 2023 kegiatan pembelajaran tatap muka di madrasah ditiadakan. Siswa masuk pembelajaran tanggal 24 Maret 2023; 

2. Libur permulaan dan akhir bulan Ramadhan, libur dalam rangka Hari Raya Idul Fitri dan libur umum disesuaikan dengan keputusan Pemerintah; 

Baca Juga  Aplikasi SKP Terbaru 2022 Versi Excel Berdasarkan Permenpan No.6 Tahun 2022

3. Kegiatan Pembelajaran selama bulan Ramadhan diarahkan untuk peningkatan keimanan, ketakwaan, pendalaman, pemahaman, dan keterampilan ibadah; 

4. Selama bulan Ramadhan, setiap madrasah dapat menyelenggarakan program bimbingan ibadah Ramadhan dan penguatan kompetensi beragama yang terkait dengan pelaksanaan puasa misalnya Pesantren Ramadhan atau aktivitas pembinaan keagamaan lainnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan; 

5. Pengaturan jam belajar selama bulan Ramadhan diatur oleh Kepala Madrasah, menyesuaikan dengan ketetapan dari pemerintah dan/atau daerah; 

6. Mohon segera disosialisasikan ke seluruh Kantor Kemenag Kab/Kota dan madrasah di daerah kerja masing-masing untuk dipedomani sebagaimana mestinya. 

Itulah isi dari surat edaran Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia yang ditandatangani oleh a.n Direktur Jenderal Direktur KSKK Madrasah Moh. Isom. Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca pada tautan di bawah ini.

Demikian informasi surat edaran Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia tentang pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar