Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Peringatan Milad Ke 19 Tahun MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

mtsn3mataram- Pelaksanaan peringatan Milad Ke 19 tahun MTsN 3 Mataram jatuh pada tanggal 25 Februari 2023 yang lalu. Terlaksana dengan sederhana namun meriah. Selama 2 hari berturut diadakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati usianya yang ke 19 tahun. Berikut beberapa catatan rangkaian agenda milad MTsN 3 Mataram yang kami tulis selaku panitia.

Persiapan

Sebelum hari puncak pelaksanaan milad tim panitia yang ditunjuk oleh Kepala Madrasah melakukan berbagai persiapan 1 minggu sebelum acara. Mulai mengadakan rapat dengan anggota panitia untuk membicarakan raundown acara yang akan dilaksanakan selama 2 hari. Dalam rapat dihadiri langsung oleh Bapak Kepala Madrasah H. Marzuki.

Dalam rapat disepakati pada jum’at (24/2/2023) dilaksanakan deklarasi SRA dan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H dan hari sabtu (25/2/2023) gerak jalan sehat dan berbagai jenis hiburan.

Pada rapat kedua pada Rabu (22/2/2023) tim panitia kembali berkumpul untuk membicarakan persiapan akhir acara dengan beberapa hal yang disepakati terutama terkait dengan isi dari acara. Untuk acara deklarasi dan peringatan isra mi’raj diisi dengan acara mulai dari pembukaan, pembacaan kalam ilahi, sambutan-sambutan, deklarasi SRA, penandatangan dan dilanjutkan uraian hikmah isra mi’raj Nabi SAW.

Sementara pada hari sabtu diisi dengan pelepasan balon udara Milad Ke 19, jalan sehat, pemotongan tumpeng dan hiburan doorprize dan lain sebagainya.

Untuk mendukung lancarnya dan suksesnya acara milad berbagai persiapan dilakukan oleh tim panitia mulai dari pembuatan surat undangan, pembuatan tirai papan deklarasi, spanduk maupun baliho dicetak dan pada hari kamis (23/2/2023) adalah persiapan akhir dilaksanakan gladi bersih bersama siswa dan melakukan persiapan lainnya hinggga malam.

Deklarasi SRA dan Peringatan Isra Mi’raj

Kegiatan milad berlangsung selama 2 hari dengan agenda yang berbeda. Pada hari pertama Jum’at tanggal 24 Februari 2023 dilaksanakan Deklarasi menuju Satuan Pendidikan Ramah Anak oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram H. Haryadi Iskandar dengan disaksikan oleh berbagai instansi terkait.

Baca Juga  Kemenag Kota Mataram Luncurkan Program KMASS dan Kelas Uswah MTsN 3 Mataram

Seperti Kepala Dinas DP3AP2AKB Prov. NTB Dra. T. Wismaningsih Drajadia, Fasilitator Nasional SRA Nengah Istiqomah, Kepala Kantor Bahasa Prov. NTB, Kepala BNN Prov. NTB, Perwakilan Kantor Kejaksaan Negeri Mataram, Dinas Kesehatan Mataram, Camat Sekarbela, Lurah Jempong Baru, BPOM Prov. NTB, Puskesmas Karangpule, Kasi Penmad Kemenag Kota Mataram Hj. Ratna Mufida, Ketua Pokjawas beserta pengawas Pembina dan anggota komite MTsN 3 Mataram serta tamu undagan lainnya.

Usai deklarasi SRA dan penandatanganan satuan pendidikan ramah anak dilanjutkan dengan penyampaian uraian hikmah Isra’ Mi;raj Nabi Muhammad SAW 1444 H oleh salah seorang ustadz muda berasal dari Madura Jawa Timur yaitu Nuzulul Umam el Mawardy yang merupakan sahabat kepala madrasah saat pergi bersama menghadiri Harlah 1 Abad NU beberapa waktu lalu.

MC

Menjadi catatan sejarah dalam milad Ke 19 tahun ini adalah MC atau pembawa acaranya, tampil dari siswa sendiri dan sangat luar biasa dengan menampilkan 3 bahasa, bahasa Arab, Inggris dan Indonesia. Mereka adalah Rini Iryawati untuk bahasa Indonesia, Noor Intan Maulida Nasution untuk bahasa Inggris dan Hidayat Al Fariqi untuk bahasa Arabnya. Mereka bertiga ini sama-sama duduk di kelas 9 A. Penampilannya pun berbeda dengan peserta yang lain. Mereka tampil menggunakan pakaian baju adat.

Dengan persiapan dan latihan yang dibilang sangat singkat sekali pada hari kamis (23/2/2023) sebelum acara puncak. Dibawah bimbingan 2 orang yaitu Ibu Hj. Hadiani bersama Sihabuddin, M.Pd dibantu dengan Ibu Hj. Hasniaty, mereka sukses melaksanakan tugasnya sebgai MC dengan baik tanpa ada rasa grogi, semuanya lancar membacakan susuanan acara dihadapan para tamu undangan yang hadir. Tentu kita salut buat mereka …

Selain MC yang turut mengisi acara adalah lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan langsung oleh siswa sendiri M. Rafa yang masih duduk di kelas 8.

Baca Juga  PPDB MTsN 3 Mataram Berjalan Lancar, Kini Calon Peserta Didik Lakukan Daftar Ulang.

Penyambutan Tamu Menggunakan Baju Adat

Tak kalah mengesankan lagi adalah bagian penyambutan tamu undangan. Sangat special bagi mereka dengan menggunakan pakaian adat sasak, tampil menyambut para tamu undangan yang hadir di madrasah penuh antusias dan kompak bersama anggota osim yang bertugas seabgai penyambut.

Walapun dalam acara Isra’ Mi’raj dan deklarasi SRA menggunakan baju adat. Tentu memiliki tujuan yang baik yaitu untuk mengedepankan dan mempertahankan budaya kearifan local (local wisdom). Selain itu bertujuan untuk membangun nilai moderasi beragama sebagaimana yang sedangkan digaungkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Konsumsi

Alhamdulillah dengan kesederhanaan konsumsi yang disuguhkan kepada tamu undangan oleh tim konsumsi dapat tercukupi tanpa ada yang terlewatkan. Pada hari jum’at disuguhkan snack dan nasi kotak, sementara pada hari sabtu disuguhkan nasi tumpeng, lontong urap, kacang-kacangan dan minuman es dingin serta masing-masing mendapat 1 buah mica nasi kuning yang menjadi oleh-oleh atau berkat untuk pulang. Patut kita syukuri…

Jalan Sehat, Hiburan dan Bagi Doorprize

Memasuki hari kedua pada Sabtu (25/2/2023) rangkaian acara puncak milad ke 19 MTsN 3 Mataram, seabgaimana telah kami uraikan diatas dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya jalan sehat seluruh warga madrasah. Diawali dengan pelepasan balon udara yang dilakukan langsung oleh kepala madrasah kemudian diikuti dengan jalan sehat.

Seusai jalan sehat diselimuti dengan derasnya hujan yang tidak disangka-sangka, ada momen penting juga yang perlu kita ingat adalah meriahnya pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan penampilan berbagai hiburan dan pembagian doorprize.

Diantara yang tampil mengisi hiburan adalah penampilan piano tunggal oleh Yhasmin bin Tahir kelas 9 D, penampilan tari badinding, tari Mojang, penampilan pramuka dan simapore dance.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Terima 8 Mahasiswa PLP Unram

Selamat Milad Ke 19 Tahun buat MTsN 3 Mataram, semoga selalu jaya.. jaya… jaya, dan semoga pada milad tahun berikutnya semakin meriah. Aamiin yaa rabbal alamin.

Terima kasih kami sampaikan kepada semua warga madrasah, tim panitia yang terlibat dalam mensukseskan acara milad ke 19, mohon maaf bila ada kekurangan dan kekhilafan. Manusia hanya tempat salah dan lupa.

Ketua Panitia sekaligus sebagai Publikasi Dokumentasi

Ruslan Wahid, ST

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar