Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Perdana Khataman Qur’an MTsN 3 Mataram di Hari Pertama Masuk Sekolah Pada Bulan Ramadhan 1445 H

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas- Bulan suci Ramadhan selalu menjadi momen yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan yang penuh berkah ini selalu diisi dengan ibadah-ibadah yang dijalankan dengan penuh keikhlasan dan kecintaan kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah serta menjaga amal ibadah agar tetap istiqomah.

Di tengah kesibukan menjalani ibadah puasa dan shalat tarawih, siswa-siswi MTsN 3 Mataram memiliki satu momen yang sangat istimewa pada bulan Ramadhan tahun 1445 H. Mereka menyambut hari pertama masuk sekolah dengan kegiatan khataman Qur’an, sebuah kegiatan yang menjadi tradisi di sekolah mereka setiap tahunnya.

Manyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, MTsN 3 Mataram menggelar kegiatan Perdana Khataman Qur’an bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi secara berkelompok dengan 1 orang guru sebagai pembimbing. Mereka dengan semangat untuk mengisi awal bulan puasa dengan hal-hal yang positif.

Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menyampaikan apresiasi kepada para siswa yang telah mempersiapkan diri untuk mengikuti khataman Qur’an. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan.

“Insya Allah selama pembelajaran pada bulan Puasa Ramadhan ini, akan dilaksanakan khataman Qur’an setiap hari, kalau misalanya belajar selama 18 hari maka khataman Qur’an pun sebanyak 18 kali”, pungkasnya.

Marzuki menambahkan terkait tentang keutamaan bulan Ramadhan dan pentingnya mengisi bulan tersebut dengan amalan-amalan ibadah, salah satunya memperbanyak membaca Al-Qur’an. Beliau juga memberikan motivasi kepada para siswa untuk berpuasa dengan penuh keimanan dan ketaqwaan.

“Kegiatan Perdana Khataman Qur’an ini diharapkan dapat menjadi tradisi yang baik di MTsN 3 Mataram setiap awal bulan Ramadhan dan pada hari-hari berikutnya. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menanamkan kecintaan Al-Qur’an kepada para siswa sejak dini”, tandas Marzuki.

Baca Juga  Download Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SD, SMP, SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2023/2024

Perdana Khataman Qur’an dilaksanakan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an secara estafet oleh para siswa dari kelompok satu ke kelompok berikutnya. Dengan jumlah kelompok sebanyak 60 kelompok. Suasana khusyuk dan penuh semangat terpancar dari para peserta. Setelah khataman selesai, dilanjutkan dengan kegiatan pendalaman tata cara amaliyah fikih sehari-hari, seperti cara berwudu, cara sholat dan ibadah lainnya.

kegiatan Perdana Khataman Qur’an MTsN 3 Mataram di Hari Pertama Masuk Sekolah Pada Bulan Ramadhan 1445 H bukan hanya menjadi momentum untuk menyelesaikan khataman Al-Qur’an, namun juga sebagai inspirasi bagi seluruh siswa untuk terus belajar dan berbuat yang terbaik dalam menjalani kehidupan mereka. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi kita semua. Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, selamat berjuang dalam mengejar kesempurnaan iman dan amal ibadah. Aamiin.

Diwartakan Oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar