Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

PAT MTsN 3 Mataram Berlangsung dengan Sukses

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_News- Selama satu pekan MTsN 3 Mataram menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Mulai sejak Kamis (2/6/2022) dan berakhir pada Kamis (9/6/2022). Kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari tersebut dengan jumlah mata pelajaran yang diujikan sebanyak 14 mata pelajaran berjalan dengan lancar dan sukses.

Dalam proses berlangsungnya kegiatan PAT tahun ini telah melalui beberapa tahapan kegiatan. Tahapan PAT dimulai dari pembentukan tim kepantiaan dan tim penyusun soal, pernyiapan jadwal ujian ataupun kepengawasan, penyiapan ruang ujian dan panitia, hingga pelaksanaan PAT sesuai jadwal. Demikian diungkap H. Marzuki selaku Kepala MTsN 3 Mataram saat dikonfirmasi di ruang kerjanya

Ia menambahkan tim kepanitiaan dalam pelaksanaan PAT bertugas mulai dari menyiapkan, mengkoordinir, menjalankan dan menyusun laporan pelaksanaan PAT. Sementara tim penyusun soal yang telah ditunjuk dari guru-guru mata pelajaran bertugas menyiapkan kisi-kisi soal dan naskah soal.

“Dengan persiapan yang cukup, alhamdulillah pelaksanaan PAT berjalan lancar dan sukses. Semua itu tidak terlepas dari dedikasi dan kerja sama panitia, dewan guru, serta seluruh keluarga besar MTsN 3 Mataram,” papar Marzuki.

Hal senada diungkapkan Ahmad Muzaayyin wakil kepala bidang kurikulum sekaligus ketua panitia PAT bahwa ujian berlangsung selama satu pekan lamanya berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh hasil kesepakatan anggota KKM Kota Mataram.

“secara teknis pelaksanaan ujian bagi peserta didik menggunakan 10 ruangan, tiap ruangan diisi sebanyak 20 orang siswa dengan cara silang, artinya 10 siswa kelas 7 dan sisanya 10 orang siswa diambil dari kelas 8”, jelasnya.

Tujuannya dengan menggunakan sistem silang untuk meminimialisir terjadi saling contek bagi peserta didik sehingga pelaksanaan ujian tetap mengedepankan sikap kejujuran untuk memperoreh hasil nilai yang murni tanpa dengan bantuan sehingga dapat diketahui sejauhmana kemampuan capaian belajar dari peserta tersebut.

Baca Juga  Hari Ke 2 Matsama, Peserta Didik Baru MTsN 3 Mataram Dibekali Tentang Bahaya Tawuran oleh Kapolsek Ampenan

“Bagaimanapun juga pelaksanaan PAT ini adalah menjadi salah satu alat evaluasi terhadap hasil belajar dan salah satu penentu kelanjutan pendidikan siswa/siswi ke tingkat berikutnya,” ungkap Muzayyin.

Diwartakan oleh : Bayanan, S.PdI ( Humas MTsN 3 Mataram)

Editor oleh : Ruslan Wahid, ST (Tim Publikasi MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar