Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Terima 12 Mahasiswa UIN Mataram Lakukan PPL

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN 3 Mataram gelar penerimaan 12 mahasiswa UIN Mataram yang melakukan Praktik Pengalaman Mengajar Lapangan (PPL) pada Rabu (8/9/2021) bertempat di ruang multiguna laboratorium MIPA.

Penerimaan mahasiswa PPL tersebut dipimpin langsung oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki didampingi oleh Kepala Tata Usaha Azmi Hakim bersama Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum Ahmad Muzayyin. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dosen Pembimbing Dr. Lukman Hakim, M.Pd beserta guru-guru pamong.


Dr. Lukman Hakim sebagai dosen pembimbing mahasiswa PPL UIN Mataram dalam sambutannya mengatakan bahwa menjadi calon guru itu ada 4 pilar kompetensi yang harus diketahui sebagai guru atau pendidik.


“Pertama adalah kompetensi kepribadian atau personal, artinya seorang guru harus mencerminkan sikap pribadi yang baik di hadapan peserta didik, berwibawa, rendah hati, jujur, disiplin dan santun”, jelasnya


Kompetensi kedua lanjut Lukman adalah kompetensi sosial, seorang guru harus bisa berintraksi dengan semua elemen. “Berinteraksi dan bersikap baik dengan masyarakat umum, guru-guru maupun bersama dengan siswa yang diajar” terang Lukman


Sementara kompetensi ketiga dan keempat menurut Lukman adalah Kompetensi Pedagogik dan kompetensi profesional.


“kompetensi pedagogik artinya seorang guru itu harus memiliki kecakapan atau kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran, kuasai dulu materinya, pelajari dulu sebelum menyampaikan di hadapan siswa, sementara kompetensi profesional adalah guru harus profesional dalam menjalankan tugas mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi” bebernya.


Ia berpesan kepada mahasiswa bimbingannya agar menjadikan diri sendiri selalu dirindukan oleh siswa. “Jadikan diri Anda dirindukan siswa” pesannya.


Kepada Kepala madrasah Lukman menyerahkan mahasiswanya sebanyak 12 orang dengan sepenuh hati agar dibimbing, dibina untuk menjadi calon guru yang profesional melalui kegaitan praktik mengajar lapangan.

Baca Juga  Momen Penting Ketika Tadabbur Alam Sembalun


Dalam kesempatan yang sama Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat menerima mahasiswa PPL UIN Mataram menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa diibaratkan seperti kehadiran Malaikat.


“Berdasarkan hadits Rasulullah SAW bahwa siapa-siapa saja yang datang, hadir di tempat majlis ilmu maka Malaikat pun ikut menyaksikan” ucapnya.

Menurutnya pengalaman belajar di bangku kuliah pasti akan berbeda dengan mengajar langsung dilapangan. “Untuk itulah melalui kesempatan PPL ini kami mengharapkan kepada mahasiswa untuk menerapkan teori yang telah didapatkan di bangku belajar kepada peserta didik secara langsung” pungkasnya.


“Agar kedepan mampu menjadi orang-orang yang luar biasa untuk mencerdaskan putra putri kita bila sudah menjadi tenaga pendidik dimanapun berada” tambahnya.


Kepada mahasiswa ia mengharapkan agar bisa beradaptasi di lingkungan madrasah baik bersama guru-guru maupun peserta didik. “Serta mengikuti aturan yang berlaku di madrasah, dari kehadiran, pulang serta memperhatikan kesopanan dalam berpakaian bagaimanapun juga seorang guru akan diliat dan dicermati oleh peserta didik dari ujung rambut hingga ujung kaki” tandas Marzuki.


Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST  (Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar