Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Sukses Selenggarakan Persami dan Pelantikan Pramuka

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Mataram, Humas- Pada Sabtu dan Minggu (23-24/9), MTsN 3 Mataram mengukuhkan komitmen kuatnya terhadap pendidikan karakter dan pengembangan kepemimpinan dengan menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang spektakuler. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, tepatnya pada tanggal 23 hingga 24 September 2023, mengangkat tema berwawasan, yaitu “Pramuka Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional.”

Persami, sebagai salah satu momen terpenting dalam kalender kepramukaan madrasah, telah menjadi agenda tahunan. Acara ini bertujuan untuk merayakan pencapaian dan pertumbuhan peserta Penggalang Pramuka serta memperkuat semangat kepramukaan di antara siswa-siswa MTsN 3 Mataram. Demikian dikatakan Kepala Madrasah H. Marzuki saat membuka Persami (23/9/2023).

Ia mengungkapkan bahwa pemilihan tema “Pramuka Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional” bukanlah sembarang pilihan. “Hal itu mencerminkan tekad madrasah untuk membentuk generasi muda yang tidak hanya kompeten dalam berbagai keterampilan, tetapi juga memiliki sikap proporsional dalam tindakan dan keputusan mereka” terang Marzuki.

Bahkan tambah Marzuki, kegiatan Persami ini menjadi peluang emas bagi para peserta untuk mengembangkan diri. Melalui serangkaian aktivitas yang penuh semangat dan pengalaman berharga, mereka dapat memperkuat karakter mereka sebagai calon pemimpin masa depan.

Ia menegaskan bahwa rangkaian kegiatan Persami ini tidaklah main-main. Dilakukan selama dua hari, peserta diajak untuk menghadapi berbagai tantangan yang menguji keterampilan, ketangkasan, serta kerjasama antarpramuka. Puncaknya adalah malam berkemah di alam terbuka, yang memberikan pengalaman mendalam tentang hidup di alam bebas.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa-siswa kami dapat mengembangkan kepemimpinan, kemandirian, dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” harap Marzuki.

Banyak siswa yang mengaku bahwa Persami memberikan pengalaman yang tak terlupakan. M. Adit, seorang siswa yang mengikuti Persami tahun ini, berbagi, “Saya belajar banyak tentang keberanian, kerjasama, dan bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik. Ini adalah pengalaman hidup yang tak akan saya lupakan”, ujarnya.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Pra Matsama bagi Peserta Didik Baru

Kegiatan ini juga mendapat dukungan besar dari orang tua siswa yang mengikuti kegiatan. Mereka memberikan semangat kepada anak-anaknta sebagai peserta Persami dan mengapresiasi upaya madrasah dalam membentuk generasi muda yang berwawasan luas.

Sebagai acara puncak Persami adalah Pelantikan dan Kenaikan Tingkat para peserta Penggalang Pramuka. Momen ini ditunggu-tunggu oleh semua peserta, karena ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi mereka dalam menjalani berbagai tahapan pendidikan kepramukaan.

Sebagaimana dikatakan Ketua panitia sekaligus pembina Pramuka MTsN 3 Mataram, Ibu Huswatun Hasanah, S.Pd, mengungkapkan betapa bangganya kami atas prestasi para peserta. “Mereka telah melewati ujian dan tantangan dengan baik, dan mereka layak mendapatkan penghargaan ini,” ujar guru IPS ini.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan madrasah, tetapi juga merangsang semangat kepramukaan di kalangan siswa-siswa lainnya. Mereka melihat bahwa dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah, mereka juga dapat mencapai hal-hal besar dalam kehidupan.

“Kami bersama pelatih-pelatih berkomitmen untuk terus mendorong semangat kepramukaan di kalangan peserta didik, sehingga mereka dapat menjadi sumber daya manusia yang profesional dan proporsional di masa depan, tentu kegiatan Persami tahun ini berhasil mencapai tujuan tersebut dan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan bagi semua peserta”, tambah Huswatun.

Sementara Ahmad Ardi sebagai pelatih pramuka saat dikonfirmasi mengatakan, ia berharap dengan semangat kepramukaan yang kuat ini akan terus berkembang dan menginspirasi generasi-generasi siswa di MTsN 3 Mataram untuk mencapai potensi mereka yang sejati. Dalam dunia yang terus berubah, kepramukaan tetap menjadi landasan yang kokoh untuk pengembangan karakter dan kepemimpinan yang berkelanjutan.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar