Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Salurkan Zakat Fitrah Ramadhan 1443 H

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_News- Zakat merupakan rukun Islam yang keempat yang wajib ditunaikan oleh seluruh kaum muslimin muslimat. Zakat Fitrah biasanya disalurkan pada tiap bulan Ramaadhan hingga menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri.

Sebagaimana yang dilakukan oleh MTsN 3 Mataram pada Ramadhan tahun 1443 H atau tahun 2022 ini juga melaksanakan penyaluran Zakat Fitrah kepada yang berhak menerima zakat dari golongan fakir miskin, kurang mampu, maupun anak yatim piatu.

Sebagaimana dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki bahwa penyaluran zakat merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh madrasah setiap tahun pada bulan Puasa Ramadhan. Zakat tersebut dikumpulkan dari para siswa siswa kelas 7 (tujuh) dan Kelas 8 (delapan).

“Untuk kelas 9 sudah libur jadi sasaran pengumpulan zakat fitrah hanya kelas yang masih aktif masuk sekolah yaitu kelas 7 dan kelas 8 dengan jumlah siswa 390 orang” ungkap Marzuki saat dikonfirmasi usai penyerahan zakat kepada 38 siswa anak yatim pada Kamis (21/4/2022) minggu lalu.

“Namun dari jumlah siswa tersebut dari 390 orang siswa, berdasarkan informasi dari paniata amil zakat MTsN 3 Mataram hanya 238 orang yang menyerahkan zakat fitrahnya untuk disalurkan melalui madrasah”, tambahnya.

Hal senada pada kesempatan yang sama diungkapkan Delun, S.PdI selaku Ketua Panitia Amil Zakat MTsN 3 Mataram bahwa dari 238 orang siswa yang menyerahkan zakatnya melalui madrasah, terkumpul beras sebanyak 595 kg atau sekitar 6 kwintal kurang 5 kg.

Dikatakannya sasaran penyaluran zakat yang berupa beras tersebut disalurkan ke beberapa pantai asuhan yang berada di sekitar lingkungan madrasah maupun pihak lainnya. Ia merinci ada 10 sasaran penyaluran zakat fitrah yang dilakukan pada Ramadhan 1443 H.

“Kesepuluh sasaran tersebut adalah Pantai asuhan Nurul Jannah NW Ampenan sebanyak 27,5 Kg, Pantai Asuhan Gomong sebanyak 37,5 Kg, Asuhan Keluarga Az-zikro 27,5 Kg, masyarakat lingkungan Geguntur sebanyak 37,5 Kg”, jelas Delun.

Baca Juga  Kamad MTsN 3 Mataram H. Marzuki Menjadi Narasumber Webinar Nasional Makin Cakap Digital 2022

Selanjutnya tambah Delun masyarakat Jempong sebanyak 37,5 Kg, Masayarakat Dusun Tempit 25 Kg, masyarakat Mapak 37,5 Kg, Anak Yatim dan kurang mampu dari siswa-siswi MTsN 3 Mataram sebanyak 38 orang dengan jumlah beras 95 kg dan sasaran berikutnya adalah masyarakat tetangga dari bapak ibu guru yang masuk kategori fakir miskin, kurang mampu sebanyak 60 kg.

“Dan sasaran terakhir adalah tenaga guru honorer serta staf karyawan honorer MTsN 3 Mataram masing-masing memperoleh 6 kg”, beber Delun.

Sebagai ketua panitia amil zakat ia berharap semoga apa yang diniatkan dan telah dilakukan oleh pihak warga madrasah menjadi amal ibadah dan diterima oleh Allah SWT. Semoga pada tahun-tahun berikutnya semakin banyak lagi yang terkumpul dari tahun sekarang ini, tutupnya.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar