Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kedepankan Kearifan Lokal

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Mtsn3mataram_Humas- Pada Jum’at (28/10/2022) seluruh lapisan masyarakat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022 termasuk semua civitas MTsN 3 Mataram mengadakan upacara bendara sebagai bentuk rasa nasionalis bagi semua warga madrasah.

Pada upacara kali ini warga MTsN 3 Mataram tampil berbeda dengan apel-apel sebelumnya. Tampak ada suasana dan warna baru. Semua civitas MTsN 3 Mataram memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggunakan pakaian adat dari guru-guru, staf karyawan dan seluruh siswa serta Mahasiswa PLP Unram.

Berbagai ragam pakaian adat mewarnai suasana upacara. Yang paling banyak adalah menggunakan Lambung ciri khas orang sasak Lombok, sebagiannya juga menggunakan kebaya. Ada juga menggunakan baju adat daerah lainnya seperti baju adat khas Sumbawa, Bima, bahkan khas Jawa juga ada. Hal ini karna warga madrasah berasal dari berbagai daerah.

Menurut Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki yang dikonfirmasi usai menjadi Pembina upacara mengatakan bahwa penggunaan baju adat pada Hari Sumpah Pemuda adalah bertujuan untuk mempertahankan dan mengenalkan kearifan local (Local Wisdom) sejak dini bagi peserta didik.

“Alhamdulillah suasana Hari Sumpah Pemuda kali ini diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh siswa maupun guru-guru dengan menggunakan baju adat khas daerah masing-masing dan terlihat yang banyak adalah khas Lombok”, tuturnya

Menurutnya dengan menggunakan baju adat pada upacara kali ini agar anak-anak madrasah atau santri-santri di madrasah tidak ada kesan atau tidak dianggap alergi menggunakan baju khas daerah.

“Sebagaimana kita tahu peserta didik dari SD, SMP maupun SMA/SMK sudah biasa dan telah memilki regulasi menggunakan baju adat sekali dalam sepekan, sementara kami di madrasah paling tidak pada momen-momen tertentu seperti Hari Sumpah Pemuda ini kami gunakan”, pungkas Marzuki mantan Kepala MIN 1 Mataram.

Baca Juga  Halal Bi Halal Keluarga Besar MTsN 3 Mataram Terlaksana Penuh Khidmat

Dari pantauan tim Humas pelaksanaan upacara Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 berjalan dengan penuh khidmat dari awal dimulai hingga berakhir. tampak bukan saja peserta upacara yang menggunakan baju adat bahkan para petugas upacara seperti tim Paskibra, pemimpin upacara, pimpinan masing-masing pelton dan petugas lainnya juga menggunakan baju adat.

Para petugas terutama pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang beranggota 28 orang dengan balutan baju adat yang digunakan sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh semangat hingga semua mata tertuju dan takjub pada mereka menampilkan formasi terbaiknya pada pengibaran bendera merah putih di Hari Sumpah Pemuda.

Usai pelaksanaan upacara untuk memeriahkan peringatan hari Sumpah Pemuda diadakan lomba Mading 3D yang diinisiasi oleh Mahasiswa PLP Unram. Penjuaraan lomba ditentukan sesuai jenjang kelas sehingga masing-masing tingkat kelas memperoleh 3 juara.

Hadiah disediakan sangat menarik. Untuk masing-masing kelas yang memperoleh juara mendapatkan hadiah Piala dan penghargaan. Sedangkan bagi kelas yang tidak mendapatkan juara diberikan sertifikat penghargaan sebagai bentuk apresiasi keikutsertaan dalam lomba.

Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022 “Pemuda Bersatu Bangun Bangsa”

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar