Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Mulai Gelar Asesmen Madrasah Berbasis Kertas (AMKP) Tahun 2023

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan

MATARAM, (Humas)- Asesmen Madrasah (AM) Berbasis Kertas di MTsN 3 Mataram dimulai hari ini, Sabtu (6/5/2023), dan akan berlangsung selama satu pekan hingga tanggal 13 Mei 2023 mendatang. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd, bersama panitia memimpin langsung pelaksanaan AM tersebut.

Dalam pernyataannya pada rapat Bulanan Mei 2023 kemari (5/5/2023) Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki mengatakan bahwa AM merupakan salah satu bentuk evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam pembelajaran yang telah diterima. Ia menekankan pentingnya pelaksanaan AM untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan siswa, sehingga dapat dilakukan peningkatan dalam proses pembelajaran.

“Pelaksanaan AM ini sangat penting bagi kami di MTsN 3 Mataram. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, AM menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam menguasai semua bidang pelajaran agama maupun umum. Kami berharap hasil AM ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kemampuan siswa dan juga sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 3 Mataram,” ujar H. Marzuki.

Selama satu minggu pelaksanaan AM, para siswa akan diuji dalam berbagai mata pelajaran keagamaan, seperti Al-Quran Hadis, Fiqih, Akhlak, Bahasa Aran serta sejarah dan budaya Islam. Selain itu, para siswa juga akan diuji dalam mata pelajaran umum, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS dan Bahasa Inggris.

Dalam pelaksanaan AM MTsN 3 Mataram ini, kepala madrasah H. Marzuki, S.Pd juga memberikan arahan dan motivasi pada siswa dan staf pengajar. Ia mengajak siswa untuk menghadapi AM dengan serius dan memberikan yang terbaik dalam setiap ujian yang dihadapi.

“Saya berharap seluruh siswa dapat mengikuti AM dengan serius dan memberikan yang terbaik dalam setiap ujian yang dihadapi. Jangan lupa untuk berdoa dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Saya juga mengajak seluruh staf pengajar untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran dan memberikan yang terbaik bagi para siswa. Dengan kerja sama dan usaha yang keras, saya yakin MTsN 3 Mataram dapat mencetak siswa-siswa yang berkualitas dan berprestasi,” pungkas Marzuki saat memberikan arahan pada imtaq Jum’at (5/5/2023).

Baca Juga  Rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional Ke 8 Tahun 2022 yang digelar MTsN 3 Mataram

Harapannya dengan pelaksanaan AM di MTsN 3 Mataram ini dapat berjalan lancar dan sukses. Dengan adanya AM, diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kemampuan siswa dalam bidang agama Islam dan umum serta memberikan bahan evaluasi bagi lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran.

Selain itu, ungkap Marzuki pelaksanaan AM juga menjadi momentum untuk mempererat hubungan antara orang tua siswa, staf pengajar, dan siswa itu sendiri, serta memberikan motivasi pada siswa untuk terus belajar dengan giat dan fokus. Semoga pelaksanaan AM MTsN 3 Mataram dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan di madrasah.

Dengan dukungan penuh dari orang tua siswa dan masyarakat pelaksanaan AM MTsN 3 Mataram dapat disadari pentingnya AM sebagai sarana evaluasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 3 Mataram.

Dalam pelaksanaan AM ini, MTsN 3 Mataram juga telah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana pendukung guna memastikan kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan AM. Di antaranya, ruang ujian yang nyaman, sarana pendukung seperti alat tulis, dan sistem evaluasi yang terintegrasi dengan baik.

Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd. menekankan bahwa keberhasilan pelaksanaan AM ini tidak lepas dari kerjasama dan dukungan dari semua pihak. “Kami berharap semua pihak dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan AM ini, baik itu siswa, staf pengajar, maupun orang tua siswa. Dengan kerjasama dan dukungan dari semua pihak, kami yakin pelaksanaan AM ini akan berjalan lancar dan berhasil,” tegasnya.

Untuk diketahui pelaksanaan asesmen madrasah (AM) MTsN 3 Mataram diikuti oleh 189 orang siswa kelas IX yang dibagi menjadi 10 ruang. Tiap-tiap ruangan diisi 20 orang siswa dengan 1 orang pengawas. Pelaksanaan dimulai pukul 07.30 – 09.30 untuk jam pertama dan dilanjutkan pukul 10.00 – 11.30 wita untuk jam kedua.

Baca Juga  H. Marzuki Kamad MTsN 3 Mataram: Jadi Abdi Negara Jangan Bersikap 4M (Metenteng, Metuntung, mententeng, mentantang)

Semoga pelaksanaan AM ini dapat memberikan hasil yang optimal dan memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan khususnya bagi madrasah dan umumnya bagi Indonesia.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar