Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Mengikuti Presentasi Dan Wawancara Lomba Sekolah PJAS Aman Tk. Nasional

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Prestasi

Mataram – MTsN 3 Mataram mengikuti presentasi dan wawancara lomba sekolah dengan PJAS Aman Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh BPOM Pusat pada hari ini, Senin (3/5/2023). Lomba ini diikuti oleh sekolah-sekolah yang terpilih dari masing-masing provinsi di Indonesia.

Tercatat menjadi peserta sebanyak 37 sekolah/madrasah dari seluruh Indonesia. Terdiri dari tingkat SD/MI sebanyak 13 sekolah/madrasah, tingkat SMP/MTs sebanyak 12 sekolah dan sisaanya 12 sekolah/madrasah untuk tingkat SMA/MA.

Kepala Sekolah MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias mengikuti lomba ini. Terlihat seluruh guru-guru dan staf karyawan dan beberapa perwakilan tim PJAS Aman ikut serta dari pembukaan kemarin (2/5/2023). Turut hadir juga 2 orang perwakilan dari BPOM Provinsi NTB ibu Prabawati, S.Si dan Haryanti Patmala, S.Si.

“Sebagai madrasah yang memiliki komitmen untuk mengembangkan potensi siswa dalam berbagai bidang, pihaknya melihat lomba ini sebagai ajang yang tepat untuk menguji kemampuan siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah terutama dalam bidang non akademik terkait keseahtan jajanan anak yang ada di kantin madrasah”, ujar Marzuki saat dikonfirmasi usai presentasi.

“Kami berharap bisa memberikan yang terbaik dalam presentasi dan wawancara ini, sehingga bisa meraih hasil yang membanggakan bagi Madrasah yang mewakili NTB dalam Lomba Sekolah dengan PJAS Aman ini” sambungnya.

Dalam lomba ini, MTsN 3 Mataram telah melakukan berbagai persiapan mulai dari persiapan penyusunan bahan presentasi sesuai ketentuan yang diberikan oleh panitia pusat. Selain itu juga telah dipersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam sesi wawancara seperti program-program riil yang telah dilakukan madrasah dan prestasi-prestasi yang telah diraih terkait dengan PJAS Aman.

“Selain itu kami juga mempersiapkan tim kader PJAS Aman dari anggota Osim dan PMR, Mereka telah melakukan persiapan yang matang dan mempelajari topik yang relevan dengan tema wawancara yang akan dihadapi” beber Marzki.

Baca Juga  4 Guru MTsN 3 Mataram Lulus Seleksi Calon PPPK Kemenag dan Diknas TA 2022, Ini Daftar Namanya…

Dalam presentasi Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki memperlihatkan hasil kerja nyata madrasah berupa implementasi dan inovasi yang dilakukan dalam meningkatkan jajanan sehat bagi peserta didik. Diantara implementasi yang dilakukan adalah melakukan edukasi tentang jajanan sehat, senam bersama setiap 1 pekan sekali.

“Ada kegiatan sarapan pagi bersama yang kami laksanakan 1 kali dalam 1 pekan juga dan minum TTD bagi siswi madrasah dan telah mengikut rekor muri se-Indonesia, ada juga dilakukan berupa operasi jajan sehat pagi pedagang-pedagang yang ada di madrasah” pungkasnya.

Sementara inovasi yang telah dilakukan adalah Mastercheif membuat produk olahan pangan sehat, Peace, Love and Update yakni berupa Konselor sebaya mengingatkan teman untuk untuk membeli jajanan sehat, dan Harvest Moon yaitu memanen hasi bumi yang sudah ditanam di madrasah terutama kebun apotik dan dapur hidup untuk diolah menjadi makanan sehat.

“Kami berharap dengan ide inovatif yang kami ajukan, dapat memberikan gambaran kepada tim panitia maupun tim juri atas apa yang kami telah lakukan di madrasah. Tentu ini juga kami ingin memberikan inspirasi kepada orang-orang untuk melakukan hal yang sama,” jelas Marzuki.

Setelah presentasi, tim MTsN 3 Mataram juga menjalani sesi wawancara dengan juri. Mereka menjawab dengan percaya diri dan meyakinkan setiap pertanyaan yang diajukan oleh juri.

Marzuki berharap agar usaha yang dilakukan oleh tim MTsN 3 Mataram bisa membuahkan hasil yang baik. “Kami berharap bisa meraih hasil yang terbaik dalam lomba ini, namun yang terpenting adalah pengalaman dan pembelajaran yang bisa didapatkan oleh siswa-siswa kami dari mengikuti lomba ini,” katanya.

Selain itu, Marzuki juga berharap agar kegiatan lomba seperti ini dapat terus dilakukan di sekolah. Menurutnya, kegiatan lomba seperti ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan melatih siswa dalam berkomunikasi, bekerja sama, dan mengembangkan ide-ide inovatif yang bermanfaat untuk masyarakat.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Sukses Gelar ANBK Tanpa Jaringan Kabel LAN

Mantan Kepala MIN 1 Mataram ini mengucapkan terima kasih kepada guru-guru, tim PJAS Aman serta tim dari BPOM yang ikut serta dalam penyelenggara lomba dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mengikuti dengan semangat dan dedikasinya.

Ibu Prabawati dari perwakilan BPOM NTB, mengatakan bahwa lomba ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada madrasah khususnya siswa-siswa untuk mengekspresikan ide dan gagasan mereka dalam mengembangkan dan meningkatkan jajanan sehat, aman dari berbagai zat-zat yang berbahaya.

“Kami sangat senang melihat semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh guru-guru dan siswa-siswa di MTsN 3 Mataram. Mereka kompak dan Bersatu saling dukung dalam kegiatan dari pembukaan hingga hari pelaksanaan presentasi dan wawancara berjalan dengan baik. Semoga ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi madrasah dan siswa-siswa untuk meningkatkan pelayanan PJAS Aman di madarasah,” ujarnya.

Diwartakan Oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar