Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Kembali Gelar PAT Berbasis Android untuk Kelas 7 dan 8

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas– MTsN 3 Mataram kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan teknologi terutama dalam pelaksanaan CBT atau ujian berbasis android.

Sebagaimana pelaksanaan asesmen madrasah (AM) bagi kelas 9 pada ujian akhir semester genap  ini, MTsN 3 Mataram kembali menggelar Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau asesmen akhir semester (ASAS) untuk siswa kelas 7 dan 8 dengan menggunakan sistem berbasis android.

Dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki bahwa PAT berbasis android merupakan salah satu bentuk evaluasi akademik yang inovatif, menggantikan sistem ujian tradisional berbasis kertas. Dengan sistem ini, siswa dapat mengakses soal-soal ujian melalui perangkat elektronik mereka, seperti smartphone atau tablet, dan menjawabnya secara online maupun semi online.

“Implementasi PAT berbasis android di MTsN 3 Mataram menghadirkan berbagai manfaat, baik bagi siswa maupun guru. Bagi siswa, sistem ini menawarkan kemudahan dalam mengakses soal ujian, pengerjaan soal yang lebih praktis, dan pengalaman ujian yang lebih modern”, jelas Marzuki saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Rabu (29/5/2024).

“Di sisi lain, guru mendapatkan keuntungan dalam hal efisiensi evaluasi dan analisis serta koreksi hasil ujian. Sistem ini memungkinkan guru untuk dengan cepat dan mudah mengoreksi jawaban siswa, sehingga hasil ujian dapat segera dipublikasikan dan dianalisis untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi Pelajaran”, sambung mantan Kepala MIN 1 Mataram ini.

Ia mengungkapkan rasa apresiasi dan terima kasih kepada seluruh panitia, pengawas dan seluruh warga madrasah atas kesuksesan pelaksanaan PAT berbasis android ini.

“Alhamdulillah, PAT berbasis android berjalan dengan lancar dan sukses. Kami bersyukur bahwa sistem ini dapat diterima dengan baik oleh siswa dan guru,” ujarnya.

Lebih lanjut, Marzuki mengakui bahwa sistem ini merupakan bagian dari komitmen MTsN 3 Mataram untuk terus berinovasi dalam penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. “Kami ingin memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan modern bagi siswa, serta membantu mereka untuk lebih siap menghadapi tantangan di era digital saat ini,” tuturnya.

Baca Juga  Kasubag Kemenag Kota Mataram Lakukan Kunjungan dan Monev di MTsN 3 Mataram

PAT berbasis android di MTsN 3 Mataram merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi muda untuk menjadi lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

“Kami berharap dengan adanya inovasi ini, siswa-siswa MTsN 3 Mataram dapat terus berkembang dan dengan pengalamannya yang sudah menggunakan android dalam mengikuti ujian atau cbt maka ia menjadi terbiasa saat menjumpai hal yang sama pada ketika duduk di jenjang sekolah yang lebih tinggi apakah saat ia masuk SMA atau madrasah aliyah”, tandasnya.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Nurul Apriani, S.Pd
Kamis, 30 Mei 2024

Madrasahku Hebat jaya jaya jaya MTsN 3 Mataram ❤️

Balas
Nurul Apriani
Kamis, 30 Mei 2024

Penuh inovasi
madrasahku hebatt
MTsN 3 Mataram Jaya Jaya Jaya Allahuakbar
????

Balas

Beri Komentar