Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Kembali Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka Tema Wirausaha untuk Kelas 7

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas- MTsN 3 Mataram kembali menggelar Karya P5 Kurikulum Merdeka dengan tema Wirausaha untuk kelas 7. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 November 2023 di halaman MTsN 3 Mataram.

Karya P5 merupakan salah satu kegiatan wajib dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa. Dalam Karya P5, siswa dituntut untuk menghasilkan karya nyata yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan Karya P5 kali ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 MTsN 3 Mataram. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu orang guru pendamping terutama yang mengajar di kelas 7. Setiap kelompok diberikan waktu selama 2 bulan untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan Karya P5.

Ada berbagai macam jajanan tradisional yang direncanakan untuk diwujudkan dan ditampilkan oleh siswa MTsN 3 Mataram dalam Karya P5 kali ini. Beberapa di antaranya adalah usaha kuliner, seperti pisang goreng crispy, agar-agar, resoles, tigapo dan jajanan lainnya.

Jajanan-jajanan tradisional tersebut dijual dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp.3.000 hingga 5.000 agar dapat terjual laris dan dinikmati oleh semua pembeli dari kelas lainnya bahkan oleh guru-guru.

Tampak para siswa sesuai kelompoknya menawarkan aneka jajanannya yang dikemas dengan menarik penuh semangat dan menyodorkan daftar menu agar menarik minat pembeli.

Kegiatan Karya P5 kali ini mendapat apresiasi dari Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki,  S.Pd. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sarana bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka terutama bagaimana menjadi seorang Wirausaha.

“Kegiatan Karya P5 ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Kegiatan ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif mereka, agar pada masa depannya bisa menjadi seorang pelaku usaha terlatih sejak dini”, ujar Marzuki.

Baca Juga  Guru-guru dan Staf TU MTsN 3 Mataram Mengikuti Acara Kapolda Menyapa Madrasah

Marzuki mengakui bahwa kegiatan Karya P5 memiliki berbagai dampak positif bagi siswa, untuk meningkatkan kreativitasnya, meningkatkan rasa percaya dirinya dalam memasarkan produk yang dihasilkan dan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan mereka.

“Kegiatan Karya P5 merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa. Dengan kegiatan ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan potensi mereka dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja di masa depan”, tandas Marzuki.

Maka kegiatan Karya P5 ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk terus berkarya, berinovasi, menumbuhkan kreativitasnya dalam berbagai jenis usaha dan dapat berkontribusi kepada masyarakat bila sudah menyelesaikan masa pendidikan.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar