Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Jadi Pelopor, Sukses Gelar PAT 2024 Berbasis Android

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan

Mataram_Humas- MTsN 3 Mataram kembali menunjukkan inovasinya dalam dunia pendidikan. Tahun 2024 ini, MTsN 3 Mataram perdana bagi madrasah negeri yang ada di Kota Mataram menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis Android bagi kelas IX.

PAT merupakan ujian yang diselenggarakan pada akhir tahun pelajaran khususnya bagi kelas akhir untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pelajarannya. Pada tahun ini, MTsN 3 Mataram memutuskan untuk mengadakan PAT secara online menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) berbasis Android.

“Keputusan ini kami ambil demi memudahkan proses ujian bagi para siswa serta untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan mengikuti arahan menag yang selalu digaungkan yakni tranformasi digital ” ungkap Kamad H. Marzuki saat memantau pelaksanaan ujian CBT.

Dengan menggunakan CBT berbasis Android, para siswa dapat melakukan ujian PAT dengan menggunakan smartphone atau tablet mereka. Hal ini memungkinkan para siswa untuk lebih fleksibel dalam waktu dan proses ujian karna mereka sudah terbiasa memainkan gadget.

“Selain itu, ujian berbasis Android juga memungkinkan para siswa untuk mendapatkan hasil ujian secara instan. Hal ini tentu dapat membantu para siswa untuk mengetahui seberapa baik atau buruk performa mereka pada saat itu” jelas Marzuki.

Ia mengakui bahwa penggunaan teknologi dalam penyelenggaraan ujian PAT ini juga membantu madrasah dalam mengelola data siswa secara lebih efisien. Dengan menggunakan sistem CBT, data ujian para siswa akan tersimpan secara digital sehingga memudahkan bagi pihak madrasah mempermudah bagi guru-guru dalam melakukan analisis hasil ujian dan memberikan feedback kepada para siswa secara cepat tanpa koreksi manual yang membutuhkan waktu.

“Sistem CBT berbasis Android ini juga memberikan pengalaman ujian yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa,” pungkas Marzuki.

Baca Juga  Guru-guru dan staf karyawan MTsN 3 Mataram Mengikuti Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad saw 1445 H

Dengan adanya fitur-fitur interaktif seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, benar salah dan bentuk soal lainya, para siswa lebih mudah untuk memahami soal ujian dan menjawabnya dengan tepat. Hal ini tentu dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar para siswa dalam menghadapi ujian PAT.

Sebagai Madrasah yang selalu berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas, MTsN 3 Mataram terus berupaya untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan berdaya guna. Dengan penyelenggaraan ujian PAT berbasis Android ini, diharapkan para siswa dapat belajar dan mengasah kemampuan mereka dengan lebih baik sehingga dapat meraih prestasi yang lebih baik pula.

“MTsN 3 Mataram telah membuktikan komitmennya dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi para siswa. Melalui penyelenggaraan ujian PAT berbasis Android ini, diharapkan para siswa dapat terus berkembang dan meraih kesuksesan di masa depan”, tandas Marzuki.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST ( Humas)

.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar