Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Gelar Upacara Peringatan HUT RI Ke 77, Berjalan Dengan Khidmat

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_News- Seluruh lapisan masyarakat Indonesia ikut serta menyemarakkan kemeriahan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 77 dengan berbagai cara. 

Ada yang melakukan berbagai aneka lomba yang diadakan seperti lomba panjat pinang, tarik tambang dan lainnya. Ada pula digelar lomba gerak jalan baik di tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota. Ada juga lomba-lomba unik dan menarik lainnya kita bisa jumpai di tengah-tengah masyarakat diadakan.

Kesemuanya bertujuan untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah memasuki umur 77 tahun tepat pada Rabu tanggal 17 Agustus 2022.

Pada puncak HUT RI Ke 77 seluruh lapisan masyarakat juga menggelar upacara bendera merah putih dalam rangka memperingati detik-detik Kemerdekaan Indonesia sebagaimana dilaksanakan oleh MTsN 3 Mataram pada Rabu (17/8/2022) bertempat di lapangan madrasah.

Kegiatan apel bendera HUT RI Ke 77 tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru, staf karyawan berjumlah 50 orang dan siswa-siswa kelas 7 hingga kelas 9 sebanyak 588 orang.

Tampak guru-guru dan karyawan dengan khidmat mengikuti rangkaian apel dengan menggunakan seragam korpri. Sementara para siswa menggunakan batik khas madrasah. Sedangkan para petugas upacara memakai seragam putih-putih.

Upacara yang ditanyangkan secara live melalui canal youtube dan Facebook dimulai pukul pada pukul 07.10 wita tersebut bertindak sebagai pembina Kepala KTU Hazmi Hakim, S.Sos.I, M.Pd menggantikan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd yang pada waktu bersamaan mengikuti apel Bendahara di kantor Kemenag Kota Mataram sekaligus menerima penghargaan Setya Lencana Karya dari Presiden Indonesia Jokowi Widodo.

Sementara sebagai petugas upacara HUT RI Ke 77 terdiri dari pengibar Bendahara adalah anggota pasukan Paskibra MTsN 3 Mataram dengan jumlah anggota 45 orang yang bermakna tahun kemerdekaan Indonesia 1945. Untuk petugas upacara lainnya adalah anggota Osim yang sebelumnya melakukan latihan selama 1 pekan untuk mempersiapkan diri pada saat tampil di acara puncak apel bendera.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Hadirkan Pakar Kebahasaan untuk Bekali Peserta Didik Baru

Dari pantauan humas tampak pelaksanaan upacara HUT RI Ke 77 pada tanggal 17 Agustus 2022 berjalan dengan khidmat, lancar dan aman dari sejak mulai hingga kegiatan berakhir.

Dalam amanatnya pembina upacara Hazmi Hakim, M.Pd dihadapan peserta upacara menyampaikan isi dari pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Disebutkan dalam isi pidato mendikbudristek bahwa pada 77 tahun yang lalu, dengan penuh keberanian para pendahulu kita mengumandangkan proklamasi, mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih, menyatakan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa; lalu terlahirlah Indonesia Merdeka.

“Perjuangan menggapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Khususnya pada tahun ini, kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, sebut Hazmi.

Semangat tersebut saat ini sedang kita buktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022, dengan peran besar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar”, lanjutnya.

Kita telah memberikan bukti bahwa upaya untuk memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program dukungan beasiswa.

Kita juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bemasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus Yang terhimpun dalam Kampus Merdeka.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Terima 10 Mahasiswa PPL UIN Mataram

Begitu juga pada sektor kebudayaan, Kemendikbudristek dalam forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya, khususnya di masa pascapandemi. Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang kami luncurkan dan telah memberikan banyak manfaat bagi para penggerak budaya kita.

“Hal-hal yang saya sebutkan tadi bukanlah sebagian kecil dari terobosan Merdeka Belajar yang sekarang sudah mencapai 21 episode. Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar Yang akan kami luncurkan, sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila”, jelas Mendikbudristek sebagaimana dibaca pembina upacara Hazmi Hakim.

Dipenghujung pidato mendikbudristek kepada insan pendidik, seluruh lapisan masyarakat Indonesia sebagaimana disebutkan Hazmi, menyampaikan “Selamat memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Khususnya bagi para pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar”.

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar