Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Gelar Ujian Akhir Semester Ganjil

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_News- Sejak Jum’at 26 November 2021 minggu lalu MTsN 3 Mataram mulai menggelar pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dan akan berakhir pada Sabtu (11/12/2021) mendatang. 

Pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran selama kurang lebih 6 bulan lamanya baik secara daring maupun luring atau tatap muka. Demikian ungkap kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd saat dikonfirmasi diruang kerjanya pada Kamis (2/12/2021). 

Selain tujuan tersebut tambah Marzuki bahwa PAS yang dilaksanakan di madrasah binaannya merupakan alat evaluasi pembelajaran bagi madrasah yang secara rutin digelar setiap akhir semester baik semester ganjil maupun genap. 

“Berdasarkan kalender akademik madrasah yang mengacu pada kalender pendidikan madrasah yang ditetapkan oleh Kementerian Agama Kota Mataram bidang pendidikan madrasah memang ujian semester yang sekarang dikenal dengan penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan rutin dilaksanakan oleh madrasah ketika memasuki akhir semester untuk mengukur ketercapaian siswa dalam menyerap pelajaran yang telah diterima dari guru-gurunya”, pungkas Marzuki. 

Lebih lanjut ia mengatakan pelaksanaan PAS di MTsN 3 Mataram dilaksanakan selama 2 (pekan). Setiap hari para peserta didik mengikuti 1 (satu) mata pelajaran. Masuk secara bergantian atau menggunakan sistem double sift yang diatur sesuai jadwal. “Hal demikian dilakukan bahwa PTM terbatas masih diberlakukan di Kota Mataram untuk semua tingkat satuan pendidikan”, tandas Marzuki. 

Hal senada dikatakan Waka Kurikulum sekaligus Ketua Panitia Ahmad Muzayyin bahwa setiap hari pelaksanaan PAS diikuti oleh siswa secara sift. “Mulai pukul 07.30 – 09.00 sift pertama dikuti kelas 9 keseluruhan dan sebagian dari kelas 7, sedangkan shift kedua dimulai pukul 09.30 – 11.00 oleh kelas 8 keseluruhan dan sisa dari kelas 7”, jelasnya. 

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Terima 8 Mahasiswa PLP Unram

Muzayyin menambahkan ruangan yang digunakan pada pelaksanaan PAS sebanyak 15 ruangan. Untuk menjaga jarak duduk antara satu siswa dengan siswa lainnya pada masing-masing ruangan diisi sebanyak 20 orang siswa. Sementara pengawasan pada tiap ruangan diawasi oleh satu guru sebagai pengawas. 

Terkait mata pelajaran Muzayyin menyebutkan ada 14 mata pelajaran yang diujikan. Keempat belas mata pelajaran tersebut dilaksanakan 1 (satu) mata pelajaran untuk tiap hari. “Sehingga selama 2 minggu kedepan pelaksanaan PAS tuntas sesuai jumlah mata pelajaran yang diujikan, hal tersebut diterapkan masih mengikuti protokol kesehatan dan aturan PTM” ungkapnya. 

Diwartakan oleh 

Ruslan Wahid, ST (Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar