Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Buka PPDB, Mulai 26 Juni 2023

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan

Mataram_(mtsn3mataram)- Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs Negeri 3 Mataram akan membuka pendaftaran untuk calon siswa baru pada tahun pelajaran 2023/2024 selama 3 hari dimulai taggal 26 – 28 Juni 2023. PPDB ini menerapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon peserta didik, sebagai upaya untuk memastikan kualitas pendidikan yang optimal di sekolah ini.

Persyaratan umum dan administrasi yang harus dipenuhi antara lain adalah beragama Islam, mengisi formulir pendaftaran secara daring (online) melalui website resmi PPDB MTs Negeri 3 Mataram, serta telah lulus dari SD/MI dengan dibuktikan Ijazah MI/SD atau Surat Keterangan Lulus. Selain itu, calon siswa juga harus memenuhi batasan usia maksimum 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2023, yang dibuktikan dengan Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir. Demikian dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat dikonfirmasi di ruang kerjanya (9/6/2023).

Selain itu kata Marzuki dokumen administrasi yang harus dipersiapkan oleh para calon peserta didik untuk melampirkan pas foto berukuran 3×4 sebanyak 1 lembar. “Bagi mereka yang meraih peringkat 1-3 di SD/MI pada kelas IV-VI, harus melampirkan rapor atau Surat Keterangan Rangking dari sekolah sebagai bukti prestasi, jika calon siswa telah meraih prestasi akademik dan/atau non-akademik di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, mereka harus melampirkan sertifikat juara sebagai bukti prestasi tersebut”, jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, bagi calon siswa yang dinyatakan lulus, mereka dan orang tua/wali harus menandatangani surat pernyataan siap bersedia mentaati dan mengikuti ketentuan madrasah di atas meterai sebesar Rp. 10.000 sebanyak 2 lembar sebagai persyaratan wajib.

Sementara persyaratan wajib lainnya adalah memiliki nilai rata-rata minimal 83 pada rapor kelas 4-6 (semester 7-11) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (SD) atau Al-Quran Hadits (MI), Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang dibuktikan dengan rapor.

Baca Juga  Marzuki, Apel Merupakan Sarana Melatih Disiplin

“PPDB tahun ini sedikit berbeda, kalau tahun sebelumnya menggunakan nilai minimal rapot dari masing-masing mata pelajaran yang diminta, namun tahun ini kami menggunakan ketentuan dengan nilai rata-rata minimal, tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi calon siswa yang memperoleh nilai bagus namun salah satu dari nilai raportnya kurang memenuhi standar”, beber Marzuki.

Ia menegaskan untuk tahun pelajaran 2023/2024 akan menerima calon pesera didik baru hanya 3 rombel sebanyak 96 siswa baru.

“Pihak madrasah telah menetapkan daya tampung sebanyak 96 siswa baru, berdasarkan ruang yang tersedia untuk tahun pelajaran 2023/2024, tentu ini akan menjadi persaingan ketat bagi calon siswa untuk masuk belajar menimba ilmu di MTsN 3 Mataram yang telah menjadi madrasah pilihan di Kota Mataram”, tandasnya.

Sementara proses seleksi calon siswa baru dilakukan dalam dua tahapan. Sebagaimana dikatakan Ketua Panitia PPDB L. Muhammad Junaidi yakni untuk tahap awal adalah seleksi perangkingan nilai yang diisi oleh semua pendaftar melalui formulir pendaftaran online.

“Bagi pendaftar yang masuk pada perangkingan 1 – 130 akan berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya, hasil perangkingan nilai akan diumumkan pada hari terakhir PPDB tanggal 28 Juni 2023 pukul 17.00 WIB”, ungkapnya.

Tahap seleksi selanjutnya ungkap Waka Kesiswaan ini adalah mengikuti tes Pengetahuan Akademik yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika dan Tes Baca Al-Quran bagi calon peserta didik yang masuk  peringkat 1-130 berdasarkan bobot nilai rata-rata rapor, rangking kelas, dan prestasi akademik atau non-akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota yang sebelumnya telah dinyatakan lulus sementara.

“Nah setelah melalui tahap seleksi tes akademik dan tesn baca Qur’an, maka calon peserta didik yang akan dinyatakan lulus sesuai daya tampung adalah bagi calon yang memperoleh peringkat 1-96 dari total nilai yang diperoleh dengan komposisi 60 % rata-rata nilai rapor dan 40 % rata-rata nilai tes akademik dan baca Al-Qur’an dan berhak melakukan daftar ulang” pungkas Junaidi.

Baca Juga  Pelaksanaan Ujian Tes Tahsin dan Tahfizd Qur'an Kelas 9 Tahun 2022

Untuk diketahui Panitia PPDB MTs Negeri 3 Mataram telah menetapkan jadwal kegiatan yang harus diikuti oleh calon peserta didik. Pendaftaran daring/online dilaksanakan pada tanggal 26-28 Juni 2023. Kemudian, verifikasi data seleksi awal dilakukan pada tanggal 30 Juni – 1 Juli 2023, diikuti dengan pengumuman hasil verifikasi data pada tanggal 1 Juli 2023.

Tes akademik akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2023, diikuti dengan tes baca Al-Quran pada tanggal 4 Juli 2023. Pengumuman akhir/final akan diumumkan pada tanggal 5 Juli 2023, dan proses daftar ulang calon siswa baru akan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Juli 2023.

Para calon peserta didik yang lulus harus melengkapi berkas yang harus diserahkan ke sekolah, antara lain kartu/bukti formulir pendaftaran, ijazah atau surat keterangan lulus, akta kelahiran, pas foto berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, foto kopi rapor kelas 4-6, surat keterangan rangking, serta foto copy sertifikat juara akademik atau non-akademik.

Dengan ketentuan persyaratan yang ketat dan tahapan seleksi yang cermat, diharapkan PPDB MTs Negeri 3 Mataram mampu menerima calon siswa baru yang berkualitas dan berpotensi untuk meraih prestasi di bidang akademik dan non-akademik.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar