Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Modul Pelatihan Microlearning : Membuat Projek P5PPRA Oleh Pusdiklat Kemenag RI

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) adalah sebuah program yang bertujuan untuk memperkuat profil siswa dalam dua nilai-nilai penting dalam kehidupan, yaitu Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Melalui program ini, diharapkan siswa dapat memahami secara lebih mendalam tentang nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin, serta mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan nilai-nilai yang sangat penting untuk dipahami oleh setiap warga negara Indonesia, terutama generasi muda. Pancasila mengandung lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Melalui P5-PPRA, siswa diajarkan tentang makna dan implementasi dari setiap sila Pancasila, serta pentingnya melestarikan dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Selain Pancasila, P5-PPRA juga mengajarkan siswa tentang Rahmatan Lil Alamin. Konsep ini berasal dari ajaran agama Islam yang mengajarkan untuk hidup dalam kasih sayang, kebaikan, dan berkeadilan. Rahmatan Lil Alamin mengandung makna bahwa setiap muslim harus menjadi rahmat bagi alam semesta dan seluruh makhluk di dalamnya. Dalam konteks P5-PPRA, siswa diajarkan tentang pentingnya memiliki sikap saling mengasihi, saling tolong menolong, dan menjaga keharmonisan dalam kehidupan beragama dan berkehidupan sosial.

Secara konkret, P5-PPRA melibatkan berbagai kegiatan dan metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin dalam kehidupan siswa. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain: seminar tentang Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin, diskusi kelompok tentang implementasi nilai-nilai tersebut, kegiatan kreatif seperti membuat poster atau video tentang Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin, serta pengembangan sikap sosial siswa melalui bakti sosial atau kegiatan keagamaan.

Baca Juga  Download Logo Hari Guru Nasional Kemenag Tahun 2022

Melalui P5-PPRA, diharapkan siswa dapat menjadi generasi yang memiliki profil Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin yang kuat. Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut, siswa diharapkan dapat menjadi individu yang bertanggung jawab, memiliki sikap saling menghargai, menjunjung tinggi toleransi, dan bisa hidup harmonis dalam kehidupan beragama dan sosial. Selain itu, diharapkan pula bahwa melalui P5-PPRA, siswa dapat menjadi agen perubahan yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Dalam implementasinya, P5-PPRA perlu melibatkan berbagai pihak, seperti sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat sekitar. Kolaborasi antara semua pihak tersebut sangat penting agar program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa dan masyarakat sekitar. Selain itu, perlu juga adanya evaluasi dan monitoring secara teratur untuk melihat sejauh mana pencapaian program ini, serta melakukan perbaikan dan pengembangan yang diperlukan.

Download Modul Pelatihan Projek P5PPRA

Berikut ini adalah Kumpulan modul Pelatihan Microlearning : Membuat Projek P5PPRA Oleh Pusdiklat Kemenag RI yang bekerja sama dengan Balai Diklat Denpasar.

– Modul 1 : Konsep Projek Penguatan P5-PPRA Download

– Modul 2 : Memetakan Dimensi,Nilai, Tema, Topik, Alokasi Waktu P5-PPRA Download

– Modul 3 : Merancang Alur P5-PPRA Download

– Modul 4 : Penyusunan Modul P5-PPRA Download

– Modul 5 : Asesmen Projek Penguatan P5-PPRA Download

Secara keseluruhan, P5-PPRA adalah sebuah program yang sangat penting untuk memperkuat profil siswa dalam nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Melalui program ini, diharapkan siswa dapat memahami, mengamalkan, dan menjadi contoh dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, P5-PPRA dapat berperan penting dalam pembentukan generasi yang memiliki karakter kuat, bertanggung jawab, dan mampu berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar