Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Akan Gelar Uji Publik Tahfiz dan Tahsin Qur’an

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

MTsN3Mataram_(Humas)- Dalam waktu dekat MTsN 3 Mataram akan menggelar uji publik untuk program Tahfiz dan Tahsin Qur’an yang akan disaksikan secara terbuka oleh seluruh warga madrasah. Demikian dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat memberikan sekapur sirih usai imtaq Jum’at (20/1/2023).

Salah satu program unggulan MTsN 3 Mataram yanag jadikan seabgai profil lulusan adalah pembinaan Tahfiz dan Tahsin Al-Qur’an bagi seluruh siswa madrasah. Untuk tahsin dilakasanan 1 jam sebelum masuk belajar usai pelaksaaan pembiasaan sholat dhuha dan doa pagi.

Dimulai dari pukul 07.30 – 08.00. Tiap siswa dibagi menjadi berkelompok sesuai tingkatan kemahiran dalam membaca Qur’an. Kelompok secara terpisah antara siswa yang lancar dengan yang belum lancar yang dibimbing oleh satu orang guru. Bagi siswa yang lancar akan akan disimak untuk membaca Qur’an besar, sementara siswa yang belum lancar disimak menggunakan Iqro’.

Sementara untuk program Tahfiz dilaksanakan pada sianh hari usai pembelajaran kelas sekitar pukul 14.00 – 16.00 Wita. Program tahfiz masuk dalam program kelas uswah yang dibimbing dan diajarkan oleh tenaga pengajar Huffaz dari pondok-pondok yang masyhur di Mataram.

Dikatakan Marzuki, tujuan diadakan uji publik ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa dalam mengikuti tahfiz maupun tahsin yang menjadi syarat utama lulusan MTsN 3 Mataram.

“Bukan hanya itu, kegiatan uji publik yang akan digelar pada 24-26 Januari mendatang sebagai implikasi lulusan madrasah agar siswa dapat bersaing masuk ke madrasah, sekolah atau pondok yang diinginkan usai menamatkan belajarnya di MTsN 3 Mataram”, jelas Marzuki.

“Program ini yang dilaksanakan di madrasah yang belum tentu didapatkan di madrasah lain sangat  bermanfaat dan membawa dampak positif yang sangat luar biasa untuk membumikan Al-Qur’an”, sambungnya.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Luncurkan Program Sango Santri dan Logo Madrasah

Maka ia mengajar kepada seluruh tenaga pendidik dan pendidikan untuk sama-sama menyaksikan sebanyak 18 orang siswa akan diuji publik untuk disimak dan didengarkan bacaan dan hafalannya selama 3 hari berturut-turut mulai tanggal 24 – 26 Januari 2023.

Pada kesempatan yang sama Marzuki menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tenaga guru dan karyawan madrasah yang ikut serta dalam membimbing anak-anak dalam kegiatan tahsin dengan penuh kesabaran.

“Bathin kami begitu merasa bahagia dan tenteram serta haru begitu melihat anak-anak duduk di pojok-pojok teras, ada yang di lapangan, di Lorong-lorong kelas atau di dalam kelas berkumpul secara berkelompok melantunkan ayat al-quran dan disimak oleh pembimbing masing-masing, semoga dengan kegiatan ini semua anak-anak menjadi sholeh sholehah”, pungkasnya.

Marzuki menambahkan yang menjadi ciri khas madrasah dan ini merupakan sebuah kebiasaan yang telah dibangun dan ditanmakan oleh para pendahulu adalah setiap usai imtaq Jum’at diadakan infaq dan shodaqoh yang biasa dinamakan dermaji. Bukan saja oleh siswa-siswa, guru-guru pun ikut memberikan contoh dengan menyisihkan sebagian dari rizkinya.

Untuk hasil dermaji pada jum’at ini kata Marzuki akan diniatkan untuk diinfakkan terhadap pembangunan musholla yang sedang dibangun oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. NTB. “Semoga infaq dan shodaqah yan gtelah diniatkan oleh seluruh warga madrasah terutama bagi anak-anak mendapat keberkahan, ganjaran yang berlipat ganda dari Allah SWT dan dapat berpengaruh terhadap apa yang kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari”, tutup Marzuki.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar