Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Kembali, Siswa-siswa MTsN 3 Mataram Ikuti dan Nobar Webinar Makin Cakap Digital 2022

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan / Teknologi

MTsN3Mataram_News- Selang satu pekan kembali para Siswa-siswa MTsN 3 Mataram mengikuti dengan nonton bareng (nobar) kegiatan Webinar Makin Cakap Digital tahun 2022 yang diadakan oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) Republik Indonesia pada Senin (25/7/2022).

Pekan sebelumnya hari yang sama namun waktu berbeda Senin (18/7/2022) telah dilaksanakan kegiatan serupa dengan salah satu narasumber adalah Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki S.Pd, menyampaikan materi tentang Budaya Digital bagi manusia di era modern.

Pada kegiatan kedua kali ini yang menjadi salah satu narasumbernya adalah langsung Kepala Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTB Dr. H. Zaidi Abdad, M.Ag membawa materi tentang etika digital. Sehingga peserta yang mengikuti mencapai ratusan lebih dari berbagai jenjang madrasah dari RA, MI, MTs, MA se-NTB baik sebagai tenaga pendidik maupun peserta didik.

Sementara di MTsN 3 Mataram sendiri diungkapkan H. Marzuki diikuti oleh seluruh siswa kelas 9. “Kelas 7 dan kelas 8 mengikuti kegiatan assesmen kompetensi awal untuk penjaringan kelas uswah”, katanya saat memantau pelaksanaan nobar.

Ditambahkan Marzuki siswa kelas 9 yang mengikuti nobar dibagi menjadi 2 ruangan, ruangan dalam untuk putri dan ruangan luar untuk siswa putra. Masing-masing ruangan disediakan 2 buah komputer yang terhubung langsung dengan LCD proyektor.

“Diatur sedemikian rupa oleh tim IT untuk mempermudah nonton bareng dan bisa terlihat dan terpantau keikutsertaan mereka melalui laptop langsung”, tuturnya.

Menurutnya sesuai tema kegiatan yakni makin cakap digital di tahun 2022 dengan 3 (tiga) materi utama yang disajikan kepada siswa sangat penting untuk diketahui dan dipahami sejak dini oleh kalangan peserta didik tentang dunia digital yang sedang berkembang pesat.

“Ada 3 pokok materi yang disampaikan kepada siswa dari berbagai narasumber, tentang etika digital, budaya dan kecakapan digital, ketiga materi ini penting menjadi dasar utama bagi siswa dalam menghadapi era digital”, pungkas Marzuki.

Baca Juga  Selain Simulasi ANBK, Siswa MTsN 3 Mataram Juga Mengikuti Simulasi AKMI

Oleh sebab itu ia berharap kepada seluruh siswa terutama kelas 9 yang memasuki umur remaja agar bisa memahami dan menerapkan apa yang telah disampaikan dari materi-materi terkait dengan kecakapan digital. “Bagaimana cara menumbuhkan budaya digital dengan cakap dan tidak lepas dari etika-etika yang sopan dan santun”, tandasnya.

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar