Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Kamad MTsN 3 Mataram: Raport Bukan Hanya Rekam Jejak Akademis, Melainkan Juga Akhlak

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan / Pendidikan

Mataram_Humas- Hari ini Sabtu (23/12/2023) MTsN 3 Mataram menggelar pembagian raport semester ganjil TP. 2023/2024 berdasarkan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Pendis Kemenag Republik.

Pembagian Raport semester ganjil tahun 2023 ini diterima langsung oleh wali murid masing-masing siswa. Sebelum dilaksanakan pembagian raport oleh wali kelas kepada wali murid digelar acara pengumuman juara Kelas dan juara umum.

Pada kesempatan tersebut Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh siswa dan siswi yang telah hadir pada pembagian raport semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, Sabtu (23/12/2023).

Ia menegaskan bahwa raport bukan hanya rekam jejak akademis, tetapi juga rekam jejak akhlak bagi siswa. Ia pun mengajak seluruh siswa untuk menjadikan raport sebagai momentum evaluasi diri agar dapat memperbaiki diri ke depannya.

“Rapor ini ibarat cermin,” kata H. Marzuki.

“Kalau kita berdandan rapi, jilbab kita rapi, baju kita rapi, topi kita rapi, yang terlihat di cermin itu pasti rapi. Sebaliknya, kalau jilbabnya miring-miring, misalnya bajunya kancingan tinggi sebelah atau yang lain sebagainya, kira-kira cermin itu bisa merubahnya, ya jelas tidak bisa”, sambungnya.

Oleh karena itu, Marzuki menyampaikan agar siswa tidak hanya memperhatikan nilai akademis, tetapi juga nilai akhlak. Ia berharap agar siswa dapat menjadi pribadi yang saleh dan salehah, baik dalam hal akademis maupun akhlak.

“Jadikan momentum pembagian raport ini sebagai evaluasi diri kita sehingga ada proses perbaikan. Karena Insyaallah 6 bulan ke depan lagi kalian akan ditentukan apakah tetap di kelas semula atau naik ke kelas yang lebih tinggi.” Pungkasnya

H. Marzuki juga berpesan kepada siswa agar dapat membuat orang tua mereka tersenyum ketika membuka raport. Ia berharap agar siswa dapat menjadi kebanggaan bagi orang tua mereka.

Baca Juga  Ciptakan Generasi Taat Hukum, Kejaksaan Mataram Berikan Pengenalan Hukum Pada Siswa MTsN 3 Mataram

“Jadikan orang tua kalian nanti tersenyum ketika membuka raport. Jangan membuat orang tua kalian tidak tersenyum”, cetus Marzuki

H. Marzuki mengakhiri sambutannya dengan mendoakan agar siswa MTsN 3 Mataram dapat meraih kesuksesan di masa depan. Ia juga berharap agar siswa dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan apa yang pak guru sampaikan tentu akan mendapat barokah. Dan tentu menjadi kado bagi kalian untuk menyambut pergantian tahun 2023 ke 2024”, tutupnya.

Untuk diketahui disela-sela acara dilakukan pemberian apresiasi atau reward kepada siswa siswi yang menore lh prestasi pada lomba PMR dan Pop Religi tk Kota Mataram dengan rincian sebagai berikut:

Untuk PMR dengan 5 juara yaitu Juara 1 (lomba poster), Juara 2 (lomba DUL) dapur umum lapangan, Juara 3 (Lomba PRB) pengurangan resiko bencana, Juara 3 (Lomba DUS) daur ulang sampah, dan Juara 2 (Lomba PP) pertolongan pertama

Untuk prestasi dalam lomba Festival bintang vokalis dan Pop Religi tk Kota Mataram yang diselenggarakan oleh DPD LASQI Kota Mataram dengan juara 3 atas nama Dinda Anastasya Putri.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar