Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Kabid Penmad Pantau Pelaksanaan Assismen Nasional MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_news- Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah Kemenag Prov. NTB H. M. Ali Fikri, SH., MH mendatangi MTsN 3 Mataram pada Selasa (5/10/2021).

Kehadirannya yang disambut oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki bersama Kepala TU Azmi Hakim beserta jajaran wakil kepala madrasah dalam rangka memantau dan melihat secara langsung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang pertama kali digelar oleh MTsN 3 Mataram usai ditiadakan ujian nasional oleh Pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut Ali Fikri menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak MTsN 3 Mataram yang telah sukses melaksanakan ANBK secara aman dan lancar tanpa ada kendala apapun.

“Alhamdulillah dari pantauan kami di semua madrasah termasuk MTsN 3 Mataram disini pelaksanaan ANBK khususnya tingkat MTs semua berjalan dengan baik, dari segi fasilitas yang mendukung kegiatan tersedia dengan lengkap” ujarnya.

Ia mengaku bahwa ANBK tahun 2021 ini adalah hal baru dan pertama kali dilaksanakan setelah dihapusnya ujian nasional. “Sangat berbeda dengan UN, pada UN pesertanya diikuti oleh kelas 9 namun di AN malah kelas 8, itupun diacak, tentu akan terasa asing dan hal baru bagi mereka yang mengikuti” tuturnya.

Kendati demikian Ia optimistis walau baru dan pertama kali dilaksanakan oleh peserta didik yang terpilih mengikuti ANBK mampu menguasai persoalan-persoalan yang dihadapi dengan gadis dan simulasi yang sebelumnya telah dibiasakan.

“Dari gladi dan simulasi yang telah diikuti sebelumnya pasti Kita optimis peserta didik akan terbiasa, mampu menguasai dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan pada AN yang terdiri dari literasi dan numerasi” tandas Ali Fikri.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki dihadapan Kabid Penmad ia menceritakan bahwa pelaksanaan ANBK diikuti oleh 50 orang siswa dari kelas 8 yang dipilih secara acak dengan rincian 45 orang daftar tetap dan sisanya 5 orang sebagai peserta cadangan.

Baca Juga  PPDB MTsN 3 Mataram Berjalan Lancar, Kini Calon Peserta Didik Lakukan Daftar Ulang.

“Berdasarkan jadwal AN dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 4-5 Oktober 2021, pesertanya dibagi menjadi 3 sesi setiap sesi diikuti oleh 15 orang siswa dengan 1 server yang diawasi oleh 1 orang proktor dan 1 orang teknisi” sambung Marzuki.

Terkait sarana prasarana untuk mendukung pelaksanaan AN menurutnya kesemua fasilitas disediakan oleh pihak madrasah. Ia tidak mau merepotkan kepada peserta didik untuk menyiapkan perangkat seperti laptop atau komputer.


“Mengingat perbedaan pelaksanaan ANBK dengan UNBK, dimana AN peserta sedikit tidak seperti peserta UN yang melibatkan semua siswa kelas akhir, maka penyedian laptop maupun komputer sepenuhnya pihak madrasah yang mempersiapkan dari awal, kami tidak ingin merepotkan orang tua untuk menyediakan perangkat bagi anaknya” jelas Marzuki dihadapan Kabid Penmad.

Dari pantauan pewarta pelaksanaan Asesmen Nasional di MTsN 3 Mataram berjalan dengan lancar. Berdasarkan jadwal pada hari pertama Senin (4/10/202) dilaksanakan dengan materi literasi, sementara pada hari kedua (5/10/2021) terlaksana materi numerasi.

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid,  ST  (Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar