Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Jawaban Soal 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice) Pelatihan Inovasi Madrasah PINTAR Kemenag

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

 Pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah

pintar kemenag

Informasi Umum

Selamat datang di Pelatihan Mandiri Bersertifikat Kementerian Agama.

Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.

Peserta dapat mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.

INFORMASI PELATIHAN

Mata Pelatihan: Inovasi Madrasah

Sasaran: Sasaran dari pelatihan inovasi madrasah ini adalah para kepala madrasah, wakil kepala madrasah, para guru, pengawas dan bagian Pendidikan madrasah pada kantor Kemenag.

Tujuan: Tujuan Pelatihan mata diklat inovasi madrasah adalah agar setiap madrasah menjadi pelopor inovasi dan dapat berdampak kemajuan mutu madrasah

Latar Belakang: Pelatihan Inovasi Madrasah ini dilatar belakangi oleh tuntutan dunia pendidikan saat ini yang lebih menonjolkan sharing praktik-praktik baik dari inovasi madrasah, sehingga loka diklat keagamaan bandar lampung memilih para talentnya adalah para pelaku praktik baik program-program unggulan madrasah.

Kompetensi Teknis Pelatihan: melalui pelatihan ini diharapakan pelatihan ini peserta memiliki wawasan tentang inovasi yang dapat dilakukan disatuan Pendidikan masing-masing, dan dapat berbagi praktik baik dan menularkan pada yang lain.

Persyaratan

  • PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag
  • Syarat Pangkat/Golongan Ruang : Semua
  • Syarat Jenis Kelamin : Semua
  • Syarat Pendidikan Umum : Semua

Kunci Jawaban Soal 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice) Pelatihan Inovasi Madrasah PINTAR Kemenag

1 dari 10 soal

Ciri-ciri Madrasah Unggul adalah…

A Kegiatan pembelajaran di sekolah yang sangat seragam

B Warga sekolah inti memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah.

C Susana pembelajaran sesuai target kurikulum. Hal ini ditandai dengan suasana kelas yang mendukung penyelesaian target.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Asesmen Akhir Semester untuk Siswa Kelas VII dan VIII

D Terjalinnya kemitraan yang baik antara sekolah dan orang tua siswa.

Jawaban C

2 dari 10 soal

Berikut adalah Konsekuensi dari sebuah improvisasi kurikulum pada sebuah madrasah yang memiliki kelas Unggulan, kecuali….

ATuntutan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas guru.

B Hasil lulusan 100% diatas standar.

C Waktu belajar yang relatif lebih lama

D Pembiayaan belajar yang relative lebih mahal

Jawaban C

3 dari 10 soal

Pengertian Madrasah Unggul adalah….

A Madrasah Unggul menitikberatkan pada the best input

B Orang tua siswa memahami apa yang madrasah inginkan

C Madrasah unggul adalah Madrasah yang fokus pada kualitas proses pembelajaran

D Kualitas siswa madrasah harus diseleksi saat Penerimaan siswa baru

Jawaban C

4 dari 10 soal

Jika seorang siswa yang mudah bergaul, mampu berempati secara baik, mampu memahami suasana hati orang lain, dan mampu menjalin komunikasi dengan baik. Maka ini adalah ciri ciri bahwa ia memiliki kecerdasan….

A Kecerdasan Naturalis

B Kecerdasan Kinestetis

C Kecerdasan Interpersonal

D Kecerdasan Intrapersonal

Jawaban C

5 dari 10 soal

Berikut adalah alasan Kenapa harus ada kelas unggulan, kecuali…

A untuk mendorong siswa agar mencapai prestasi akademis atau non akademis yang baik.

B untuk memelihara minat siswa terhadap sekolah.

C untuk menyelesaikan pendidikan dalam tingkat yang lebih tinggi bagi keuntungan Sekolah.

D untuk memberikan benchmarking dengan kelas Reguler

Jawaban C

6 dari 10 soal

Guru didorong untuk meningkatkan kompetensinya melalui Diklat atau workshop yang diadakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun madrasah sendiri. bahkan dengan menggunakan biaya sendiri seperti: belajar membuat media pembelajaran yang kreatif baik manual maupun digital. Hal ini adalah sebagai salah satu tuntutan dalam… penerapan strategi madrasah unggul.

A The best process

B The best Output

C The best Curiculum

D The best input

Jawaban A

Baca Juga  Modul Pelatihan Microlearning : Membuat Projek P5PPRA Oleh Pusdiklat Kemenag RI

7 dari 10 soal

Berikut adalah Kriteria madrasah Unggul, kecuali….

A Memenuhi kebutuhan peserta didik yang pada umumnya memilik motivasi belajar yang tinggi dibandingkan dengan seusianya.

B Iklim dan suasana mendukung untuk kegiatan belajar.

C Sarana dan prasarana pendidikan terpenuhi dan kondusif bagi proses pembelajaran

D Guru dan tenaga kependidikan memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi.

Jawaban D

8 dari 10 soal

Dampak positif suatu madrasah yang membuka program unggulan adalah….

A Keberhasilan siswa dapat di lihat sedikit banyaknya dari pengetahuan dan hafalan bidang studi.

B Meningkatnya pembiayaan di madrasah tersebut.

C Berkembangnya karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam Pusat Kurikulum Balitbang Kemendikbud

D Indikator keberhasilan pendidikan karakter akan dimiliki sebagian warga sekolah.

Jawaban C

9 dari 10 soal

Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri madrasah unggul, kecuali….

A Kepemimpinan kepala sekolah yang profesional.

B Suasana pembelajaran yang menyenangkan.

C Program yang positif hanya mendapatkan dukungan dari sekolah.

D Semua warga sekolah memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah.

Jawaban C

10 dari 10 soal

Salah satu cara menjadikan Madrasah unggul adalah….

A Peserta didik yang diseleksi dengan baik

B Fasilitas seadanya

C Memiliki visi dan misi yang jelas

D Kepala madrasah yang pintar

Jawaban C

*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar