Selamat datang di Pelatihan Mandiri Bersertifikat Kementerian Agama.
Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.
Peserta dapat mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Mata Pelatihan: Inovasi Madrasah
Sasaran: Sasaran dari pelatihan inovasi madrasah ini adalah para kepala madrasah, wakil kepala madrasah, para guru, pengawas dan bagian Pendidikan madrasah pada kantor Kemenag.
Tujuan: Tujuan Pelatihan mata diklat inovasi madrasah adalah agar setiap madrasah menjadi pelopor inovasi dan dapat berdampak kemajuan mutu madrasah
Latar Belakang: Pelatihan Inovasi Madrasah ini dilatar belakangi oleh tuntutan dunia pendidikan saat ini yang lebih menonjolkan sharing praktik-praktik baik dari inovasi madrasah, sehingga loka diklat keagamaan bandar lampung memilih para talentnya adalah para pelaku praktik baik program-program unggulan madrasah.
Kompetensi Teknis Pelatihan: melalui pelatihan ini diharapakan pelatihan ini peserta memiliki wawasan tentang inovasi yang dapat dilakukan disatuan Pendidikan masing-masing, dan dapat berbagi praktik baik dan menularkan pada yang lain.
Berikut adalah hal-hal penting tentang standar kompetensi lulusan (SKL) kecuali …
A SKL digunakan sebagai acuan dalam pengembangan 7 standar lainnya.
B SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah umum difokuskan pada raihan kejuaraan lomba baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan atau internasional.
C Ketercapaian SKL ditentukan berdasarkan data komprehensif mengenai peserta didik yang diperoleh secara berkesinambungan selama periode pembelajaran.
D SKL pada satuan jenjang pendidikan dasar difokuskan pada penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik.
E SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah kejuruan difokuskan pada keterampilan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Jawaban B
Pilih satu pernyataan yang tidak benar terkait pelaksanaan pembelajaran. (Soal Tidak Lengkap)
A. Guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, inspiratif dan menantang.
Berikut ini adalah dasar ruang lingkup materi yang dirumuskan dalam standar isi kecuali … .
A konsep keilmuan
B jalur
C latar belakang
D muatan wajib
Jawaban C
Pasal 3 Ayat (2) dalam PP No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)menyebutkan bahwa SNP digunakan sebagai acuan …
A standarisasi kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian pendidikan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan
B pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
C terpenuhinya target Generasi Emas 2045
D penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat pada jalur pendidikan formal, nonformal dan informal
E peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global
Jawaban B
Peraturan yang mengatur tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan tercantum dalam….
A Permendikbudristek No 5 Tahun 2022
B Permenbudristek No 32 Tahun 2022
C PP No 4 Tahun 2022
D Permendikbudristek No 9 Tahun 2022
E Permendikbudristek No 7 Tahun 2022
Jawaban C
Prosedur yang meliputi perumusan tujuan penilaian, pemilihan dan atau pengembangan
instrumen, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian disebut … .
A kriteria penilaian
B syarat penilaian
C indikator penilaian
D aspek penilaian
E mekanisme penilaian
Jawaban E
Standar isi adalah … .
A kriteria minimal proses pembelajaran berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan
B kriteria minimal kompetensi dan kwalifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik
C kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik
D kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik
E kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu
Jawaban E
Kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan
disebut … .
A standar penilaian Sekolah
B standar pengelolaan
C standar kompetensi lulusan
D standar proses
E standar penilaian Pendidikan
Jawaban C
Standar proses memiliki … kegiatan dalam pembelajaran.
A tiga
B enam
C lima
D tujuh
E empat
Jawaban E
Yang manakah di antara pernyataan berikut yang benar?
A Penilaian proses pembelajaran merupakan asesmen terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
B Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran selain dilaksanakan oleh pendidik dapat dilaksanakan oleh sesama pendidik, kepala satuan pendidikan dan atau peserta didik.
C Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan oleh pendidik yang bersangkutan.
D Jawaban a, b, c dan d benar semua.
E Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh pendidik dengan memberikan keteladanan pendampingan dan fasilitasi.
Jawaban D
*Disclimer
Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.
Beri Komentar