Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Ironman 70.3 Di Lombok, MTsN 3 Mataram Turunkan Siswanya Meriahkan Event Bergengsi Kelas Dunia

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Mtsn3mataram_humas- Dalam rangka mensukseskan perhelatan event bergengsi kelas Dunia atau Internasional yaitu Ironman Triathlon 70.3 di Lombok Nusa Tenggara Barat. MTsN 3 Mataram menerjunkan siswanya sebanyak 200 lebih siswa untuk meriahkan gelaran tersebut sebagai paga betis di rute utama jalan Lingkar Selatan pada Sabtu (8/10/2022).

Internasional yaitu Ironman Triathlon 70.3 di Lombok Nusa Tenggara Barat. MTsN 3 Mataram menerjunkan siswanya sebanyak 200 lebih siswa untuk meriahkan gelaran tersebut sebagai paga betis di rute utama jalan Lingkar Selatan pada Sabtu (8/10/2022).

Dengan menggunakan seragam pramuka lengkap dengan baretnya sambil memegang bendara Indonesia ukuran kecil yang terbuat dari kertas dengan pegangan kayu kecil, siswa sangat antusiasme mengikuti sekaligus menyaksikan para peserta Ironman yang melewati rute jalan lingkar selatan tepat depan Gedung MTsN 3 Mataram.

Turut pula beberapa guru yang mendampingi para peserta dalam menyambut para peserta Ironman. Mengawasi sambil berbaris berjajar bersama-sama siswa lain untuk menyapa dan menyemangati peserta Ironman.

Tak sedikit dari peserta Ironman merasa senang dan gembira diberikan sambutan yang hangat oleh para peserta didik MTsN 3 Mataram. Tampak mereka mengajungkan jempol ibu jari sebagai bentuk apresiasi mereka kepada maysarakat Lombok khususnya siswa MTsN 3 Mataram yang ikut serta meriahkan gelaran Ironman.

Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd melalui grup WhatsApp MTsN 3 Mataram memberikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada guru-guru dan para siswa yang telah dengan penuh semangat mensukseskan pelaksanaan Ironman tahun 2022 di Lombok NTB.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak ibu guru yang berkesempatan hadir pada event Ironman pada pagi hari ini Sabtu (8/10/2022), begitu juga kepada anak-anakku perserta didik MTSN 3 Mataram yang telah mengsukseskan kegiatan Ironman internasional”, ucapnya melalui WAG MTsN 3 Mataram.

Baca Juga  Selain Simulasi ANBK, Siswa MTsN 3 Mataram Juga Mengikuti Simulasi AKMI

Untuk diketahui Ironman adalah salah satu dari serangkaian lomba triathlon jarak jauh yang diselenggarakan oleh World Triathlon Corporation (WTC), yang terdiri dari renang 2,4 mil (3,86 km), bersepeda 112 mil (180,25 km) dan maraton 26,22 -mil (42,20 km) lari selesai dalam urutan itu. Ini secara luas dianggap sebagai salah satu acara olahraga satu hari yang paling sulit di dunia.

Sebagian besar acara Ironman memiliki batas waktu 16 atau 17 jam untuk menyelesaikan balapan, tergantung jalurnya, dengan balapan biasanya dimulai pada pukul 7:00 pagi. Batas waktu wajib untuk menyelesaikan renang 2,4 mil (3,86 km) adalah 2 jam 20 menit. Waktu istirahat wajib sepeda ketika seorang atlet harus telah menyelesaikan renang mereka, transisi dan sepeda biasanya bervariasi antara 10 jam dan 10 jam 30 menit sejak seorang atlet mulai berenang. 

Batas waktu lari wajib bervariasi antara 16 dan 17 jam sejak atlet mulai berenang. Banyak balapan juga akan memiliki waktu jeda antara sepeda, lari, dan transisi khusus untuk setiap tempat balapan. Setiap peserta yang menyelesaikan triathlon dalam batasan waktu ini ditunjuk sebagai Ironman.

Pada tahun 2022 ini Nusa Tenggara Barat kembali menjadi event bergengsi  kelas dunia setelah sukses menggelar event Motor GP dan Motor Cros tingkat Dunia. Kali ini Ironman Triathlon dihelat pada 8 Oktober 2022 yang akan menjadi perhatian dunia khususnya pada olahraga yang menggabungkan sekaligus antara renang, sepeda dan lari. 

Sebagaimana tema event bergengsi ini Ironman 70.3, kompetisi ini menempuh jarak 70,3 mil atau sekitar 113,1 kilometer dari kawasan Senggigi hingga Mandalika. Nantinya, para peserta akan berenang di laut lepas sepanjang 1,9 kilometer, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 90 kilometer ke arah Mandalika, dan ditutup dengan maraton sepanjang 21 kilometer.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Luncurkan Program Sango Santri dan Logo Madrasah

Berikut ini adalah informasi lengkap terkait lomba Ironman 70.3 tahun 2022 yang berlangsung di Lombok NTB Indonesia. 

1. Renang 1,9 km ⎯ Start dan Finish di Pantai depan Holiday Resort. Satu putaran selesai. 

2. Lari sepanjang 21,1 km ⎯ Start dari Area Transisi di Holiday Resort. Lari menuju Jl. Raya Senggigi sampai dekat Montana Hotel, lalu putar-balik menuju Holiday Resort dua putaran. 

3. Sepeda 90,1 Km Start dari Holiday Resort  melewati  -Jl Raya Senggigi, -Jl Raya Meninting, -Jl. Raya Saleh Sungkar, Jl. Ragi Genep, -Jl.  Energi, -Jl. Arya Banjar Getas, -Jl. Lingkar Selatan, Bundaran Bypass – Lingkar Selatan, Jl.  Bypass, -Bundaran Bypass (Patung Sapi), Jl Bypass, Bundaran Bypass Batujai (U-turn) menggunakan satu ruas jalan.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar