Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Imtaq Jum’at Perdana Tahun Pelajaran 2023/2024 MTsN 3 Mataram, Diikuti Penuh Khusu’

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas- Suasana kegiatan Imtaq atau keimanan dan ketakwaan memenuhi area MTsN 3 Mataram pada Jum’at perdana tahun pelajaran 2023/2024 (28/7/2023). Kegiatan Imtaq Jum’at diadakan sekali dalam sepekan bertujuan untuk memperkuat spiritualitas seluruh siswa kelas 7 hingga 9, guru-guru, serta staf karyawan madrasah.

Kegiatan dimulai sejak pagi hari dengan diiawali pelaksanaan Sholat Dhuha di lapangan madrasah. Para siswa, guru, dan staf karyawan berkumpul dengan semangat untuk memulai hari pertama pelajaran dengan doa dan ibadah kepada Allah SWT.

Setelah Sholat Dhuha selesai, seluruh peserta mengikuti doa sholat dhuha bersama yang dipimpin oleh salah seorang siswa sekaligus ketua Osim Laili Rahmayani.

Tidak hanya itu, rangkaian acara juga dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin, salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri.

Selanjutnya, suasana semakin khidmat dengan adanya zikir doa, di mana seluruh peserta mengingat dan menyebut nama Allah dengan penuh rasa takjub dan syukur. Nuansa kebersamaan semakin terasa dalam momen ini karena semua orang berbaur tanpa terkecuali.

Doa dipanjatkan untuk memohon keberkahan, kesuksesan, dan kemudahan dalam menjalani proses belajar-mengajar di tahun ajaran baru. Seluruh peserta terlihat begitu khusyuk dan penuh harap dalam doa tersebut.

Tidak hanya mengandalkan doa dan zikir, acara ini juga menjadi ajang untuk lebih mengenal Asmaul Husna, yaitu 99 nama Allah yang agung. Peserta diajak untuk membaca asmaul husna secara bersama-sama dengan penuh khidmat. Untuk mempererat hubungan batin antara siswa dan Tuhan.

Tak lupa, tausiyah juga menjadi bagian penting dari rangkaian kegiatan. Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki memberikan tausiyah inspiratif yang mengajak seluruh peserta untuk menjadikan tahun ajaran ini sebagai awal yang baik dalam meningkatkan kualitas iman dan akhlak. Ia juga menekankan pentingnya integritas dan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Jalin Kebersamaan, 4 Angkatan Alumni MTsN 3 Mataram Gelar Reuni dan Bukber

Dalam tausiyahnya, Kepala Madrasah, H. Marzuki, juga menekankan pentingnya mensyukuri setiap nikmat yang Allah berikan, termasuk nikmat waktu. Beliau mengajak seluruh peserta untuk menyadari bahwa waktu adalah salah satu karunia terbesar yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya.

“Marilah kita selalu bersyukur atas nikmat waktu yang Allah berikan kepada kita. Setiap detik, menit, dan jam yang kita miliki merupakan karunia-Nya yang tidak ternilai harganya. Waktu adalah anugerah berharga yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah dan menuntut ilmu,” ujar Marzuki.

Beliau menjelaskan bahwa dengan mensyukuri setiap waktu yang kita miliki, kita akan lebih menghargai nilai kehidupan dan memanfaatkannya dengan bijaksana. Berbagai peluang untuk berbuat kebaikan, beribadah, dan menambah ilmu dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal ketika kita mampu bersyukur atas waktu yang telah diberikan.

Selanjutnya, Mantan Kepala MIN 1 Mataram ini juga memberikan pesan inspiratif tentang pentingnya menuntut ilmu. Beliau menyampaikan bahwa ilmu adalah cahaya yang akan membimbing kita dalam menghadapi kehidupan. Semakin banyak ilmu yang kita miliki, semakin cerah penerangan di jalan hidup kita.

“Jadikanlah menuntut ilmu sebagai kewajiban setiap muslim dan muslimah. Allah menuntut kita untuk mencari ilmu dari ayunan hingga liang lahat. Setiap langkah yang kita ambil dalam menuntut ilmu, Allah akan mengangkat derajat kita di dunia dan akhirat. Jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah kita ketahui, karena ilmu Allah itu luas dan tak terhingga,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan bahwa menuntut ilmu bukan hanya terbatas pada lingkungan sekolah atau madrasah, melainkan juga di luar lingkungan formal. “Begitu banyak sumber ilmu yang bisa kita peroleh, baik dari buku-buku, seminar, ceramah, atau bahkan dari pengalaman hidup sehari-hari. Jadikan setiap momen sebagai peluang untuk belajar dan bertambah bijaksana,” tambahnya.

Baca Juga  Ciptakan Generasi Taat Hukum, Kejaksaan Mataram Berikan Pengenalan Hukum Pada Siswa MTsN 3 Mataram

Dalam penutup tausiyahnya, Ustadz Hasan mengajak seluruh peserta untuk berjanji menjadikan tahun ajaran baru ini sebagai momentum untuk lebih giat menuntut ilmu dan meningkatkan kualitas ibadah.

“Semoga Allah meridhai niat kita untuk beribadah dan menuntut ilmu, serta memberkahi setiap langkah kita di dunia pendidikan ini. Jadikan MTsN 3 Mataram sebagai tempat tumbuhnya generasi yang cemerlang, berakhlak mulia, dan berguna bagi agama, bangsa, dan negara,” pungkasnya sembari mengajak seluruh peserta untuk yel-yel madrasah.

Diwartakan oleh;
Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar