Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Hebat! MTsN 3 Mataram Raih Juara 1 Tingkat Nasional Lomba PJAS Aman Kategori SMP/MTs Regional Tengah

Diterbitkan : - Kategori : Prestasi

Mataram_Humas – MTsN 3 Mataram berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman kategori SMP/MTs untuk Regional Tengah. Pemberian apresiasi dan penghargaan kepada sekolah dengan PJAS Aman dilaksanakan di Aula Gedung Merah Putih Lantai 8, BPOM Jakarta Pusat pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Pangan Olahan Ema Setyawati, S.Si, Apt., ME. MTsN 3 Mataram berhasil menyisihkan 11 sekolah lainnya dari seluruh Indonesia.

Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd.I, mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, mulai dari guru, siswa, hingga orang tua serta stockholder yang ikut membantu yaitu BPOM Provinsi NTB, Dikes Kota Mataram dan Puskesmas Karangpule Sekarbela Mataram.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. Ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh pihak yang terlibat,” kata Marzuki.

Marzuki menjelaskan bahwa MTsN 3 Mataram telah menerapkan berbagai upaya untuk mewujudkan PJAS Aman. Salah satunya adalah dengan membentuk tim keamanan pangan sekolah yang bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap jajanan yang dijual di sekolah. Selain itu, sekolah juga memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya mengonsumsi jajanan yang aman.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas PJAS Aman di madrasah kami. Kami berharap, capaian ini dapat membawa manfaat dan menjadi motivasi bagi sekolah lainnya untuk menerapkan PJAS Aman,” terang mantan Kepala MIN 1 Mataram ini.

Marzuki mengakui bahwa tahapan dan proses penilaian lomba PJAS Aman yang diikuti telah dilakukan oleh perwakilan juri dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan sekitar bulan Mei 2023 yang lalu.

Baca Juga  2 Siswa MTsN 3 Mataram Berjaya di Kejuaraan Taekondo Tingkat Nasional

“Proses penilaian dilakukan sekitar bulan Mei 2023 dengan berbagai tahapann penilaian, ada secara daring, dan uji petik langsung oleh tim penilai dari pusat, penilaiannya pun meliputi aspek keamanan pangan, aspek kesehatan, aspek edukasi, dan aspek inovasi”, tandas Marzuki.

Menurutnya Lomba PJAS Aman ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan yang aman. Ia berharap, MTsN 3 Mataram dapat terus menjadi sekolah yang unggul dalam bidang keamanan pangan

“Kami berharap, MTsN 3 Mataram dapat menjadi sekolah percontohan dalam penerapan PJAS Aman. Selain itu kami berharap, pemerintah pusat maupun daerah dapat terus mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan keamanan pangan di Madrasah atau sekolah-sekolah” harap Marzuki.

.

Dirinya yakin bahwa dengan kerja keras dan dukungan dari semua pihak, madrasah yang ada di Indonesia dapat mewujudkan keamanan pangan yang berkelanjutan. Harapan-harapan ini tentu saja sejalan dengan tujuan dari lomba PJAS Aman, yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan yang aman.

Diwartakan Oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Nurul Apriani, S.Pd
Kamis, 19 Okt 2023

Masyallah luar biasa MTsN 3 *jaya…jaya…jaya*
Sukses dan pertahankan jajanan sehat anak sekolah di madrasah tercinta.

Balas

Beri Komentar