Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Hadapi Ujian Akhir Semester, Kepala MTsN 3 Mataram Dorong Siswanya Untuk Serius Belajar

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan

Mataram_Humas- MTsN 3 Mataram telah mulai gelar penilaian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 selama 1 pekan, mulai dari tanggal 27 November hingga 4 Desember 2023 mendatang. Pada hari pertama sebelum mulai ujian  Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, dengan penuh semangat memberikan arahan kepada seluruh siswa dan siswi di sekolahnya usai melaksanakan sholat dhuha dan doa bersama. Ia menegaskan pentingnya sikap serius dalam menghadapi ujian akhir semester yang akan berlangsung hingga tanggal 4 Desember mendatang.

Dalam arahannya, H. Marzuki menjelaskan bahwa ujian akhir semester bukan hanya sebagai penilaian akademis, tetapi juga sebagai cerminan dari karakter dan moralitas siswa. Ia menyampaikan harapannya agar seluruh siswa dapat menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya.

“Pertama-tama, saya ingin mengingatkan bahwa waktu yang kita miliki sangat berharga. Waktu yang telah berlalu tidak akan kembali. Oleh karena itu, manfaatkan waktu ini dengan baik. Ujian ini tidak hanya untuk melihat sejauh mana kemampuan akademis kalian, tetapi juga untuk melihat karakter dan moralitas kalian,” kata H. Marzuki dengan tegas.

Beliau memberikan motivasi kepada para siswa untuk merenung sejenak tentang perjalanan belajar mereka selama enam bulan terakhir. Ia menyoroti pentingnya refleksi diri, baik dalam hal peningkatan prestasi maupun perubahan sikap dan perilaku.

“Dalam enam bulan terakhir, kita telah banyak belajar bersama. Namun, pertanyaannya, apakah kalian benar-benar telah memanfaatkan waktu itu dengan baik? Apakah kalian telah belajar dengan sungguh-sungguh? Hari ini adalah saat yang tepat untuk melihat hasil dari usaha kalian,” lanjutnya.

H. Marzuki juga menyinggung tentang keseriusan dalam menghadapi ujian dan pelajaran yang akan diuji. Ia meminta agar siswa tidak menganggap remeh ujian ini, karena hasilnya akan mencerminkan kemampuan sebenarnya dari setiap siswa.

Baca Juga  Ironman 70.3 Di Lombok, MTsN 3 Mataram Turunkan Siswanya Meriahkan Event Bergengsi Kelas Dunia

“Pak guru yakin kedua orang tua kalian ingin melihat kalian bukan hanya sebagai siswa yang pintar, tetapi juga memiliki akhlak yang baik. Oleh karena itu, jadilah siswa yang serius, baik dalam belajar maupun dalam bersikap,” ucapnya dengan penuh semangat.

Selain itu, Kepala MTsN 3 Mataram juga mengingatkan siswa terhadap kunjungan tamu dari Sumatera Barat beberapa hari yang lalu. Ia menekankan pentingnya bersikap baik dan menjaga reputasi baik madrasah di mata tamu serta lingkungan sekitar.

“Pada beberapa hari yang lalu, kita menyambut tamu dari Sumatera Barat. Mereka melihat, tidak hanya prestasi akademis, tetapi juga sikap dan perilaku kita. Oleh karena itu, selalu tunjukkan sikap yang baik, tidak hanya di kelas, tetapi di manapun kita berada,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marzuki juga memberikan apresiasi atas kedisiplinan siswa selama kegiatan pasca pembukaan sekolah. Beliau menyampaikan rasa syukur atas kesehatan dan kemudahan yang diberikan oleh Allah subhanahu wa taala, serta berharap agar kegiatan ujian berjalan lancar.

Sebagai penutup arahannya, Kepala MTsN 3 Mataram memberikan doa dan harapan agar seluruh siswa dapat melewati ujian ini dengan baik. Ia berpesan agar setiap siswa mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh, mengikuti petunjuk pengawas, dan menjalani ujian dengan integritas tinggi.

“Mari bersama-sama menjadikan ujian ini sebagai peluang untuk meningkatkan diri kita. Semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan pada setiap langkah kita. Terima kasih, dan tetap semangat,” tutup H. Marzuki dengan penuh semangat.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Bq. Komala Dewi
Senin, 27 Nov 2023

Sukses selalu untuk MTsN 3 dan untuk seluruh siswa selamat melaksanakan Penilaian Akhir Semester Ganjil TP. 2023/2024

Balas

Beri Komentar