Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Evaluasi Pembelajaran MTsN 3 Mataram Gelar PAS untuk Semester Ganjil 2022

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_News- Penilaian akhir semester (PAS) untuk semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 telah dimulai oleh MTsN 3 Mataram sejak Kamis (1//12/2022). Pelaksanaan PAS selama 1 pekan yang berakhir pada Kamis (8/12/2022) mendatang.

Sebagaimana diungkapkan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat memberikan arahannya di hadapan peserta didik (1/12/2022) sebelum dimulai ujian, bahwa pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) di madrasah semata-mata bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran selama kurang lebih 6 bulan lamanya.

“Selain itu tujuan dari PAS adalah sebagai alat evaluasi pembelajaran bagi madrasah yang secara rutin digelar setiap akhir semester baik pada semester ganjil maupun semester genap” pungkasnya. 

Berdasarkan kalender akademik madrasah yang mengacu pada kalender pendidikan madrasah yang ditetapkan oleh Kementerian Agama Kota Mataram bidang pendidikan madrasah bahwa ujian semester adalah kegiatan rutin dilaksanakan oleh semua madrasah baik jenjang MI, MTs dan MA ketika memasuki akhir semester. 

Marzuki berharap kepada peserta didik untuk mendapatkan nilai yang maksimal agar fokus menghadapi ujian semester dengan cara memperbanyak belajar, menelaah buku-buku pelajarannya dan tidak melupakan untuk berdoa serta berikhtiar kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menghadapi ujian. 

“Untuk mendapat nilai bagus tidak bisa hanya berpangku tangan, jadi kalian harus benar-benar memaksimalkan waktunya untuk belajar dengan giat dan sungguh-sungguh, selama proses ujian ini belajarlah dengan fokus, kurangi main-mainnya terutama main gadget”, imbunya.

Sementara proses pelaksanaan PAS semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 menurut waka kurikulum sekaligus ketua panitia Ahmad Muzayyin mengungkapkan PAS dilaksanakan selama 1 pekan. Setiap hari diujikan 2 mata pelajaran. Pada jam pertama dimulai 07.30 – 09.00 dan jam kedua dimulai pukul 09.30 hingga 11.00 wita.

Baca Juga  Halal Bi Halal Keluarga Besar MTsN 3 Mataram Terlaksana Penuh Khidmat

Untuk ruangan lanjutnya, digunakan saat pelaksanaan PAS sebanyak 15 ruangan. Masing-masing ruangan diisi sebanyak 40 orang siswa yang diatur secara acak. Sementara pengawasan dilakukan pada tiap ruangan diawasi oleh satu orang guru. 

Secara berturut-turut mata pelajaran yang dilaksanakan dari hari pertama PAS hingga berakhir tambah Muzayyin adalah hari pertama IPS dan Fikih, hari kedua Bahasa Arab dan Penjassorkes, hari ketiga PKn dan Qur’an Hadits. Untuk hari keempat dan kelima adalah Bahasa Indonesia, SKI, Matematik dan Seni Budaya.

“Sementara pada hari keenam pada rabu mata pelajaran diujikan adalah Bahasa Inggris dan Akidah Akhlak dan untuk hari terakhir pada Kamis (8/12/2022) adalah IPA dan Prakarya” bebernya.

Diwartakan oleh 

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar