Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Download Pidato Sambutan Mendikbudristek Pada Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Tahun 2023

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Pada tanggal 17 Agustus 2023, kita kembali dipanggil oleh sejarah untuk merayakan peringatan yang penuh makna: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Hari di mana semangat juang dan keberanian para pahlawan bangsa dikenang, dan bangsa ini bersatu dalam merayakan kebebasan yang telah diraih dengan pengorbanan besar.

Upacara peringatan kali ini menjadi momen yang tak terlupakan, di mana kita mengenang perjalanan panjang bangsa, melihat kembali capaian-capaian berharga, serta merenungkan tantangan dan peluang yang menanti di masa depan. Kita hadir sebagai saksi dan pelaku dalam membangun negeri, mengisi setiap babak sejarah dengan upaya dan tekad untuk memajukan bangsa dan negara.

Berikut adalah Sambutan Mendikbudristek pada Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023

SAMBUTAN

MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

PADA UPACARA PERINGATAN

HARI ULANG T AHUN KE-78 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

TAHUN 2023

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Om swastiastu,

Namo buddhaya,

Salam kebajikan,

Rahayu,

Saudara saudariku sebangsa dan setanah air,

Dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir.

Layaknya perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Kolaborasi dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia.

Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar. Kemerdekaan tersebut sudah dirasakan di lebih dari 250 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Hal tersebut didukung dengan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, di mana anak-anak kita mendapatkan kemerdekaan yang lebih besar untuk mengembangkan kemampuan fondasional. Melalui gerakan ini, kami mengajak para pendidik dan orang tua untuk memahami bahwa keberhasilan belajar anak usia dini tidak terbatas pada baca, tulis, hitung, tetapi juga kemampuan literasi dan numerasi, keterampilan berkomunikasi, dan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga  Catat ! Kompetisi Sains Madrasah XI Digelar di Jakarta 9 - 14 Oktober 2022

Didukung dengan Permendikbudristek tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan, semua warga sekolah semakin terjarnin haknya untuk belajar, berkarya, dan bekerja dengan aman dan nyaman. Gotong royong semua pihak, mulai dari kementerian, pemerintah daerah, warga satuan pendidikan, sampai keluarga, merupakan kunci dari penghapusan segala bentuk kekerasan di lingkungan pendidikan.

Komitmen untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, program seleksi guru ASN PPPKjuga terus diselenggarakan dengan melibatkan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. Berkat gotong royong ini, kita berhasil mencetak rekor dengan merekrut 544 ribu guru ASN PPPK, dan jumlah ini akan terus meningkat sampai tercapai target satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK.

Untuk jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Bela jar Kampus Merdeka juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar dalam empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia. Untuk terus maju, kita harus terus melaju. Mari melanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar.

Terima kasih,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Om shanti, shanti, shanti, om,

Namo buddhaya.

Download Pidato Sambutan Mendikbudristek Pada Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Tahun 2023

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar