Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Download Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SD, SMP, SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2023/2024

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Pendidikan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah sebuah program yang diadakan di sekolah-sekolah di Indonesia pada awal tahun ajaran baru. Tujuannya adalah membantu siswa baru atau siswa yang pindah sekolah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. MPLS merupakan langkah awal yang penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan kesuksesan di masa depan.

MPLS biasanya berlangsung selama beberapa hari atau seminggu, tergantung pada kebijakan sekolah. Selama periode ini, siswa baru akan mendapatkan pengenalan terhadap berbagai aspek penting dalam kehidupan sekolah. Pertama-tama, mereka akan diajak mengenal fasilitas-fasilitas sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, ruang olahraga, laboratorium komputer, kantin, dan area-area penting lainnya. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mengerti letak fasilitas-fasilitas tersebut dan merasa lebih familiar dengan lingkungan sekolah.

Selain itu, MPLS juga mencakup penjelasan tentang tata tertib sekolah. Siswa baru akan diberikan pemahaman mengenai peraturan-peraturan sekolah, disiplin, tata cara berpakaian, dan aturan-aturan lain yang berlaku. Hal ini penting untuk membentuk sikap yang baik dan disiplin dalam kehidupan siswa di sekolah. Mereka juga akan diberikan pemahaman mengenai pentingnya nilai-nilai seperti kerjasama, rasa hormat, dan tanggung jawab dalam lingkungan sekolah.

Selama MPLS, siswa baru akan diperkenalkan kepada guru dan staf sekolah. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk mengenal siapa yang akan menjadi pengajar mereka dan siapa yang bisa dihubungi saat mereka membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan. Guru dan staf sekolah juga dapat memberikan nasihat dan dukungan kepada siswa baru dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Selain itu, MPLS juga melibatkan orientasi akademik. Siswa baru akan diberikan informasi tentang kurikulum sekolah, mata pelajaran yang akan mereka pelajari, serta kesempatan-kesempatan ekstrakurikuler yang tersedia. Mereka akan diberikan pemahaman mengenai persyaratan akademik dan harapan yang dihadapi di tingkat sekolah yang mereka masuki. Ini membantu siswa baru untuk memiliki gambaran yang jelas tentang tantangan akademik yang akan mereka hadapi dan mempersiapkan diri dengan baik.

Baca Juga  Penting Bagi Osim dan Peserta Eskul, Pembelajaran dan Kegiatan Harus Saling Beriringan

Selain itu, MPLS juga mencakup kegiatan pengenalan teman sekelas. Siswa baru akan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan siswa satu sama lain, membangun hubungan sosial, dan memfasilitasi integrasi sosial di antara siswa baru. Kegiatan ini dapat berupa permainan, diskusi kelompok, atau proyek kolaboratif. Tujuannya adalah untuk membantu siswa baru merasa diterima dan terhubung dengan lingkungan sekolah mereka, sehingga mereka dapat lebih mudah beradaptasi.

MPLS memiliki peran penting dalam mempersiapkan siswa baru untuk sukses di sekolah. Melalui pengenalan lingkungan sekolah, siswa baru dapat merasa lebih nyaman, terhubung, dan siap untuk menghadapi tantangan akademik dan sosial di hadapan mereka. Dalam MPLS, siswa baru juga dapat membangun hubungan dengan guru dan teman sekelas mereka, yang dapat menjadi sumber dukungan dan bimbingan di masa depan.

Secara keseluruhan, MPLS adalah langkah awal yang penting dalam membangun fondasi yang kuat bagi siswa baru di sekolah. Dengan memperkenalkan siswa baru kepada lingkungan sekolah, tata tertib, guru, dan teman sekelas, MPLS membantu mereka untuk merasa lebih siap, termotivasi, dan terhubung dalam perjalanan mereka menuju pendidikan yang sukses.

Materi-Materi MPLS Bagi Siswa Baru SD, SMP, SMA dan SMK

Berikut ini adalah beberapa materi yang mungkin dapat digunakan dalam pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa Baru SD, SMP, SMA dan SMK SMP tahun Pelajaran 2023/2024, dapat diunduh pada tautan berikut ini.

1.Materi MPLS Arti Dan Makna Wawasan Wiyata Mandala Klik Di SINI

2.Materi MPLS Pramuka Klik Di SINI

3.Materi MPLS Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Klik Di SINI

4.Materi MPLSbelajar Efektif Klik Di SINI

5.Materi MPLS Pendidikan Karakter Klik Di SINI

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Upacara Peringatan HUT RI Ke 77, Berjalan Dengan Khidmat

6.Materi MPLS Tata Krama Siswa Klik Di SINI

7.Pengenalan Kurikulum Merdeka baru Klik Di SINI

8.Materi MPLS Pembinaan Mental Agama Di Sekolah Klik Di SINI

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan program penting bagi siswa SMP baru. Program ini membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, memahami aturan dan kebijakan, membangun hubungan sosial, dan mengeksplorasi program akademik dan ekstrakurikuler. Dengan melalui MPLS, siswa baru dapat mengurangi rasa cemas, meningkatkan integrasi sosial, dan mempercepat proses adaptasi di lingkungan sekolah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar