Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Day 2 – Khataman Qur’an Ramadhan 1444 H

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Berikut Hari Ke 2 Khataman Qur’an selama tatap muka di bulan Ramadhan 1444 H/2023 oleh siswa siswi MTsN 3 Mataram.

Khatam al-Quran adalah istilah Islam yang mengacu pada penyelesaian membaca atau membaca seluruh Quran dari awal sampai akhir. Ini dianggap sebagai pencapaian yang signifikan dalam keyakinan Muslim, dan banyak Muslim berusaha untuk mencapainya setidaknya sekali seumur hidup mereka.

Al-Quran adalah teks agama utama Islam dan diyakini oleh umat Islam sebagai firman Tuhan yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril selama 23 tahun. Al-Qur’an terdiri dari 114 bab, atau surat, yang berisi ayat-ayat, atau ayat-ayat, yang memberikan petunjuk tentang berbagai aspek kehidupan dan iman.

Ketika seseorang selesai membaca seluruh Alquran, biasanya diadakan upacara “Khatam” untuk merayakan pencapaian tersebut. Ini mungkin melibatkan membaca doa, berdoa, dan berbagi makanan dengan keluarga dan teman. Pencapaian menyelesaikan Alquran dianggap sebagai kehormatan dan berkah yang besar, dan banyak Muslim percaya bahwa itu membawa pahala baik di dunia maupun di akhirat.

hatam Quran adalah sebuah tradisi di kalangan umat muslim di mana seseorang membaca seluruh isi Al-Quran. Hal ini dapat dilakukan selama bulan Ramadhan atau kapan saja dalam setahun.

Jika Anda ingin melakukan khatam Quran selama bulan Ramadhan, maka Anda bisa membaca beberapa juz Al-Quran setiap harinya. Juz sendiri adalah bagian dari Al-Quran yang terdiri dari 1/30 dari jumlah keseluruhan ayat di dalam Al-Quran.

Dalam bulan Ramadhan, umat muslim sering mengambil kesempatan untuk meningkatkan ibadah dan kegiatan keagamaan. Khatam Quran selama bulan Ramadhan adalah salah satu bentuk ibadah yang banyak dilakukan oleh umat muslim, karena selain mendapatkan pahala dari membaca Al-Quran, juga mendapatkan keberkahan dari bulan Ramadhan itu sendiri.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Pilkasis Periode 2021-2022

Namun, penting untuk diingat bahwa khatam Quran tidak hanya sekedar membaca tanpa memahami maknanya. Sebaiknya, usahakan juga untuk memahami dan merenungkan makna dari ayat-ayat Al-Quran yang dibaca. Dengan demi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar