Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Ciptakan Generasi Taat Hukum, Kejaksaan Mataram Berikan Pengenalan Hukum Pada Siswa MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram-(mtsn3mataram)_ Kejaksaan Negeri Mataram yang terletak di jalan Lingkar Selatan dan berdampingan dekat dengan MTsN 3 Mataram, pada Kamis (12/1/2022) hadir di tengah-tengah madrasah untuk memberikan pengenalan hukum terhadap peserta didik.

Kehadiran pihak Kejaksaan Negeri Mataram tersebut bertajuk “Jaksa Masuk Sekolah, Pengenalan Hukum Sejak Dini untuk Menciptakan Generasi Taat Hukum”. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta didik terpilih dari anggota pengurus Osim lama maupun anggota osim baru.

Tim Jaksa Masuk Sekolah dari Kejaksaan Negeri Mataram yang diketuai oleh Kasi Intelegen Ida Bagus Putu Widnyana, SH, MH bersama jajarannya Budi Satriana, SH, Agung Kuntowicaksono, SH dan anggota tim lainnya, disambut baik oleh Kepala MTsN 3 Mataram yang diwakili oleh Wakamad Bidang Kurikulum Ahmad Muzayyin, M.Pd.

“Kami sangat merasa terhormat dan bangga dapat dikunjungi oleh pihak Kejaksaan, yang sebelumnya tidak pernah bertemu walaupun bertetangga, namun pada kesempatan ini dapat hadir untuk memberikan bekal terkait Hukum kepada peserta didik kami”, katanya saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan.

Ia menambahkan kegiatan ini akan sangat besar manfaatnya bagi warga madrasah khususnya bagi siswa-siswa yang masih dalam mengikuti proses pendidikan. “Apalagi MTsN 3 Mataram sudah mulai menggagas satuan pendidikan atau sekolah ramah anak yang pada bulan lalu telah dilaksanakan sosialisasi, ini akan sangat berkaitan erat dengan program Jaksa Masuk Sekolah untuk menuju madrasah ramah anak”, bebernya.

Kepada siswa yang hadir mewakili siswa lainnya, Muzayyin berharap agar mengikuti kegiatan pengenalan hukum ini dengan seksama dan aktif bertanya tentang hal-hal yang berkaitan tentang hukum agar dengan materi yang diterima bisa menjadi modal dan menguatkan dirinya bila sudah menamatkan sekolahnya dan kembali hidup bermasyarakat yang penuh dengan aturan pemerintah maupun agama.

Baca Juga  Penting Bagi Osim dan Peserta Eskul, Pembelajaran dan Kegiatan Harus Saling Beriringan

“Pesan kami kepada siswa apa yang disampaikan dari materi yang sangat berharga ini agar disimak baik-baik dengan penuh seksama dan aktif, dan hasil dari apa yang diterima ini dapat dibagi atau disampaikan kepada siswa-siswa lainnya”, pesan Muzayyin.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Mataram yang diwakili oleh Budi Satriana, SH dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak madrasah dalam hal ini MTsN 3 Mataram yang berkenan menerima kehadiran tim Jaksa Masuk Sekolah yang sebelumnya tidak pernah direncanakan hanya dalam waktu yang singkat dan mendadak dapat terlaksana.

“Ini merupakan kebahagian dan kesyukuran kami yang tak terhingga, pelaksanaan yang mendadak pihak madrasah sangat menyambut dengan baik atas kehadiran kami dalam rangka menjalankan salah satu program dan tugas pokok kami dari Kejaksanaan untuk memberikan pengenalan hukum sejak dini melalui Jaksa Masuk Sekolah”, ungkapnya

Tujuan dari pengenalan hukum sejak dini kata Budi untuk menciptakan generasi yang taat hukum yang dimulai dari kalangan pelajar menengah dan tingkat atas seperti SMP/MTs dan SMA atau Aliyah. “Apalagi kurikulum khusus tentang hukum di sekolah itu belum ada, maka ini sangat bermanfaat dan berguna bagi anak-anak melalui program yang kami jalankan”, tandasnya.

Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) menurut Budi merupakan salah satu upaya inovasi dan komitemen Kejaksaan dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar agar terhindar dari hukuman.

“Bila sudah memiliki pemahaman terhadap hukum ketika berada di tengah lingkungan masyarakat tentuk dapat diantisipasi dari sebuah hukuman atau tidak berhadapan dengan hukum, maka harapan kami bagi pelajar khususnya siswa MTsN 3 Mataram untuk dapat menerima materi tentang hukum dengan baik agar dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari” tutup Budi.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Yasinan dan Doa Bersama Menyambut Akreditasi Madrasah

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar